CiriCara: Cara Keramas Salah yang Sering Dilakukan

by
August 6th, 2012 at 3:06 pm

CiriCara.com – Cuaca yang panas dan tidak bersahabat membuat kulit kepala jadi sering berkeringat. Tinggal di kota yang memiliki tingkat polusi yang tinggi juga akan membuat rambut jadi lebih mudah kotor.

Rambut juga perlu dicuci dengan benar agar kondisinya tidak semakin memburuk. Seringkali Anda melakukan kesalahan saat mencuci rambut dengan alasan menghemat waktu. Perhatikan empat kesalahan yang sering dilakukan saat keramas berikut ini:

1. Kurang membasahi rambut

Saat mencuci rambut di pagi hari, Anda biasanya menjadi terburu-buru sehingga saat mengguyur rambut, belum semuanya basah. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan shampo. Hal ini seperti panci kotor basah yang akan lebih mudah dibersihkan dengan sabun daripada yang tidak direndam air. Rambut dan kulit kepala akan jadi lebih mudah dibersihkan bila sudah dibasahi secara menyeluruh.

2. Membasuh hingga ke ujung

Membersihkan rambut hingga ke ujung adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Fokuskan pada kulit kepala dan pangkal rambut tempat kotoran dan minyak berkumpul. Ujung rambut adalah bagian yang paling kering sehingga kelembapan akan menjadi berkurang bila terlalu sering menyabuni bagian ini.

Kondisioner hanya perlu diaplikasikan pada bagian batang dan ujung rambut karena kondisioner hanya akan membuat akar rambut jadi lebih berminyak sehingga memicu timbulnya ketombe.

3. Terlalu sering atau jarang keramas

Frekuensi keramas setiap orang biasanya dua hari sekali namun aturan ini belum tentu sesuai bagi tiap individu. Ada juga rambut yang bisa keramas cukup satu minggu sekali bahkan harus setiap hari dicuci. Untuk mengetahui frekuensi keramas yang benar, pastikan Anda mengetahui tipe rambut yang Anda miliki dan mulailah mencoba mengubah frekuensi keramas Anda.

4. Kurang bersih dalam mencuci rambut

Rambut yang sering menggunakan hairspray atau produk penataan rambut lainnya akan membuat rambut menjadi kotor dan berat. Shampo biasa mungkin tidak dapat membersihkan secara maksimal. Shampo dengan bahan aktif yang mampu membersihkan sisa produk penataan rambut akan sangat membantu tapi pastikan shampo Anda tidak akan membuat rambut menjadi terlalu kering. Apabila kelembapan rambut berkurang secara drastis, kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak.

Itu dia empat kesalahan dalam mencuci rambut yang sering dilakukan setiap orang. Mulailah mencari tahu bagaimana mencuci rambut yang benar agar rambut tetap sehat dan terjaga. (GT)

Comment di sini