Foke Berusaha Dekatkan Diri Pada Warga Tionghoa

by
August 6th, 2012 at 1:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memberi sambutan pada acara peletakkan batu pertama Museum Hakka dan Pagoda Taman Budaya Tionghoa. Pria yang akrab disapa Foke tersebut mengeluarkan kata-kata manis yang dinilai sebagai upaya mendekatkan diri pada warga Tionghoa yang ada di Jakarta. Pasalnya, pesaing Foke dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada 20 September mendatang disinyalir mendapat banyak suara dari etnis Tionghoa yang tinggal di Jakarta.

Pertama, Foke menyebutkan bahwa Jakarta tidak bisa dipisahkan dari etnis Tionghoa. Ia mengibaratkan Jakarta tanpa etnis Tionghoa bagai sayur tanpa garam. Kemudian, ia juga menyampaikan bahwa suku Hakka memberi kontribusi yang besar bagi Jakarta.

“Kalau kita pergi weekend ke shopping mall, pasti yang kita temui banyak teman-teman dari suku Hakka. Mereka yang buat ekonomi Jakarta tumbuh dan berkembang. Terima kasih atas kontribusi Anda semua,” ucapnya seperti dikutip dari Tempo.

Suku Hakka sendiri merupakan salah satu mayoritas di antara suku-suku Tionghoa lain di Indonesia. Jumlahnya mencapai 8 juta orang dari total sekitar 20 juta WNI etnis Tionghoa. Suku ini bermukim tersebar di kota-kota besar Indonesia, termasuk Jakarta.

Seperti diketahui, Foke-Nara akan berhadapan dengan Jokowi-Ahok untuk memperebutkan kursi DKI-1 pada September mendatang. Ahok, salah satu calon yang merupakan etnis Tionghoa, dinilai berperan besar dalam meraih suara dari warga Tionghoa Jakarta. Namun, perlu diingatkan kembali bahwa Foke memberi sambutan pada acara tersebut dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI, bukan sebagai Calon Gubernur DKI periode berikutnya. (dd)

Comment di sini