Hari Ini, Penjelajah NASA Akan Mendarat di Mars

by
August 6th, 2012 at 10:08 am

Jakarta (CiriCara.com) - NASA (National Aeronautics and Space Administration) kini tengah cemas. Pesawat penjelajah yang mereka kirim ke planet Mars delapan bulan yang lalu akan segera melalui proses pendaratan yang rumit. Setelah perjalanan sejauh 570 juta kilometer, diperkirakan waktu pendaratan akan terjadi pada Senin, 6 Agustus pukul 1.31 pagi waktu Amerika. Rasa cemas mereka terwakili dalam video bertajuk “7 Minutes of Terror” yang mereka unggah ke Youtube bulan lalu.

Penjelajah tersebut resminya bernama Mars Science Laboratory (MSL) namun kini jauh lebih dikenal sebagai “Curiosity Rover” setelah seorang murid sekolah dasar di Amerika memberikan “julukan” demikian. Curiosity Rover merupakan salah satu misi terbesar NASA. Mereka telah menghabiskan dana hingga USD 2.5 miliar atau lebih dari Rp 23.5 triliun untuk mengembangkan proyek tersebut.

Penjelajah yang memiliki 6 kaki ini akan meneliti Mars selama 8 tahun. Dua hal utama yang diteliti adalah keberadaan kehidupan serta kemungkinan manusia untuk hidup di Mars. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil penelitian tersebut, para ahli NASA punya dua tugas yang sangat berat. Pertama adalah proses pendaratan, NASA tentunya tidak ingin penjelajah yang mereka kembangkan selama 10 tahun hancur ketika menjejakkan kaki di Mars. Pasalnya, Curiosity akan terbang dengan kecepatan lebih dari 21 ribu kilometer per jam ketika menembus atmosfir Mars. Untuk mengantisipasi rusaknya penjelajah ketika mendarat, mereka telah menyiapkan serangkaian skenario yang melibatkan sebuah parasut supersonik terbesar dan terkuat yang pernah dibuat manusia. Kedua, tentu saja proses penarikan kembali Curiosity ke Bumi karena tidak mungkin NASA bisa merelakan penelitian selama 8 tahun hilang di Mars begitu saja.

Curiosity tentu saja bukan penjelajah pertama yang dikirim ke Mars. Sebelumnya, planet berwarna merah tersebut telah menarik Rusia, Jepang, dan Eropa untuk mengirim penjelajah ke sana. Amerika sendiri telah menjalankan 25 proyek serupa yang kesemuanya berakhir dengan kegagalan. Jutaan orang di dunia kini berharap dengan cemas karena jika semua misi Curiosity berhasil, pertanyaan apakah manusia bisa tinggal di Mars akan segera terjawab. (dd)

Comment di sini