Inilah Daftar Lokasi Pasar Tumpah di Surakarta

by
August 6th, 2012 at 4:58 pm

Surakarta (CiriCara.com) – Bagi Anda yang akan mudik dan melalui jalur Surakarta, Jawa Tengah diminta untuk waspada. Pasalnya ada beberapa titik pasar tumpah yang sering muncul menjelang lebaran dan puncak arus mudik.

Pasar tumpah ini sering muncul saat puncak arus mudik. Banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan, menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Tentu ini akan menghambat waktu perjalanan Anda menuju kota tujuan.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Surakarta Subagiyo mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Tujuannya agar pasar tumpah di Surakarta tidak akan mengganggu jalannya arus lalu lintas.

“Kami sudah mengadakan pertemuan dengan pedagang, lurah pasar, dan dinas perhubungan. Intinya bagaimana agar pasar tumpah tidak sampai mengganggu arus lalu lintas,” ujarnya seperti dikurip Tempo, Senin (6/8/2012).

Pasar tumpah ini sering terjadi karena pedagang menggelar barang daganggannya di pinggir jalan. Mayoritas pedagang ini berasal dari luar Solo. Barang yang sering dijual di pinggir jalan adalah janur untuk ketupat, bunga setaman, alat-alat rumah tangga, hingga sandal jepit pun ada.

Berikut adalah titik-titik pasar tumpah di Surakarta yang harus dihindari saat mudik:

- Pasar Gede
- Pasar Kadipolo
- Pasar Kembang
- Pasar Jongke
- Pasar Sidodadi
- Pasar Legi
- Pasar Nusukan
- Pasar Joglo

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta, Yosca Herman Soedrajad mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pencegah penyebab kemaceten. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah keberadaan pasar tumpah di Surakarta tersebut.

Untuk menghindari kemacetan akibat pasar tumpah, jelas Yosca, pihaknya akan memasang rambu-rambu petunjuk jalan untuk pemudik. Petunjuk jalan ini akan mengarahkan pemudik ke jalur yang bebas dari macet dan juga pasar tumpah.

Pemberlakuan rambu-rambu khusus ini akan dimulai pada H-7 lebaran dan H+7 lebaran. Menurutnya, cara ini bisa mengurangi tingkat kemacetan di tengah kota, khususnya area pasar tumpah. (YG)

Comment di sini