Pendaratan Curiosity Rover Milik NASA, Berjalan Mulus

by
August 6th, 2012 at 9:37 am

CiriCara.comProyek pengembangan planet Mars masih terus dilakukan. Para ilmuwan terus penasaran untuk menjelajahi keadaan struktur dari planet ke-4 dalam tata surya ini.

NASA (National Aeronautics and Space Administration) baru saja meluncurkan semacam alat bajak untuk mendarat di permukaan planet Mars. Alat tersebut dinamai Curiosity Rover.

NASA meluncurkan alat ini pada hari Minggu (5/8/12) dan sejauh ini masih berjalan mulus. Jika segala sesuatunya tetap berjalan mulus seperti ini, maka pendaratan Curiosity Rover akan terjadi pada Senin (6/8/12) 1.31 dini hari, waktu setempat.

Ketua dari Program Penjelajahan Mars, Doug McCuistion mengungkapkan bahwa pendaratan ini adalah hal yang luar biasa. Awalnya, mereka mengira misi ini akan mengalami banyak hambatan, tapi sejauh ini, proses peluncuran misi ini masih berjalan mulus, dan diharapkan akan meraih kesuksesan.

Untuk melakukan pendaratan yang tepat, roket yang membawa alat ini harus menembus atmosfer Planet Merah ini terlebih dahulu. Menurut kalkulasi para ilmuwan, atmosfer planet ini memiliki ketebalan yang berkisar antara 3 km-12 km, sebelum mencapai daratan.

Nantinya, Curiosity Mars memiliki tugas untuk menyelidiki permukaan Mars yang disebut Gale Basin, untuk menemukan jawaban apakah planet ini pernah dijadikan sebagai tempat berlangsungnya kehidupan primitif sebelumnya atau tidak.

Untuk menyelidiki hal tersebut, Curiosity Rover akan mulai menggali lapisan sedimen untuk mengetahui pola sedimen di planet tersebut yang tampaknya sudah terbentuk miliaran tahun sebelumnya oleh sungai-sungai kecil yang ada di sana. Selain itu, alat ini juga akan menyelidiki kondisi lain dari Planet Mars ini, yang dianggap penting bagi kehidupan yang ada di sana.

Misi pendaratan Curiosity Rover milik NASA ini menjadi bukti tambahan kalau saat ini, para ilmuwan sedang giat-giatnya mengungkap rahasia tentang Planet Merah serta kemungkinannya untuk dijadikan planet ke-2 setelah Bumi untuk ditinggali. (yk)

Telegraph

Comment di sini