Waduh! Tidak Salat Berjamaah Bisa Dipenjara

by
August 6th, 2012 at 3:01 pm

Mekkah (CiriCara.com) – Di Indonesia masih banyak orang muslim yang tidak salat berjamaah di Masjid. Bahkan, ada di antara mereka yang berani meninggalkan salat wajib lima waktunya. Apakah kamu termasuk muslim yang malas salat?

Jika kamu termasuk muslim yang malas salat, maka kamu harus berhati-hati saat berada di Arab Saudi. Pasalnya di tanah kelahiran Nabi ini menerapkan hukum Islam yang tegas. Semua muslim yang ada di sana harus melakukan salat wajib (Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya) secara berjamaah.

“Siapapun muslim yang berada di tanah suci harus mengikuti salat wajib (fardhu) di Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram Mekkah berjamaah,” ujar Syukron kepada Tribunnews, Senin (6/8/2012).

Menurut Syukron, muslim yang ketahuan tidak melakukan salat berjamaah, maka akan ditangkap oleh polisi bahkan dipenjara. Hal ini sudah menjadi syariat atau hukum Islam yang akan berlaku sampai akhir zaman baik untuk penduduk asli ataupun pendatang.

“Akan ditangkap oleh polisi (asykar) dan diperjarakan,” ucap Syukron yang sudah menetap di Mekkah al Mukaramah.

Jika di Indonesia masyarakat muslim menggelar tradisi nyekar (berziarah), tumpengan, dan nyadran (doa bersama) sebelum Ramadan, di Arab tidak ada. Masyarakat Arab melakukan ibadah seperti biasanya tidak ada tradisi atau hal yang lainnya.

Meskipun ada tradisi, itu pasti dilakukan secara sembunyi-sebunyi. Di tanah suci Madinah dan Mekkah, seluruh kegiatan peribadatan harus bersumber kepada yariat Islam. Jadi, tidak ada kegiatan selain yang diajarkan dalam agama Islam.

“Tidak ada kegiatan khusus menyambut Ramadan. Di sini ibadah dikerjakan secara mutlak berdasarkan syariat Islam, jika tidak ada tuntunanya maka hal tersebut tidak boleh dikerjakan,” ujar M Anshori Jamal warga muslim Indonesia yang ada di Mekkah.

Tidak hanya tradisi menyambut Ramadan. Tradisi lebaran pun berjalan seperti hari biasa tanpa tradisi seperti ketupat dan lainnya. Hanya ada kumandang takbir dan salat Ied di pagi hari. Setelah salat Ied selesai, semua warga Arab pun beraktivitas kembali seperti biasa. (YG)

Comment di sini