Wah, India Juga Berencana Meluncur ke Mars!

by
August 6th, 2012 at 3:11 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Seolah tidak mau kalah dari NASA yang baru saja berhasil mendaratkan robot penjelajah mereka di Mars. Kini, pemerintah India juga brencana untuk mengirimkan sabuah satelit ke planet berwarna merah tersebut. Mereka telah mengonfirmasi bahwa satelit tersebut direncanakan untuk meluncur pada November 2013.

Seperti dilaporkan The Hindu, pemerintah India baru saja menyetujui rencana ISRO (Indian Space Research Organization) untuk mengirimkan satelit ke Mars. Dalam misi tersebut, pemerintah India diperkirakan akan mengeluarkan dana sebesar US$80 juta. Dana tersebut memang jauh lebih kecil dari jumlah yang dikeluarkan NASA untuk meluncurkan Curiosity Rover. Namun, sebagian warga India menilai bahwa dana tersebut lebih baik jika dialokasikan untuk mengembangkan program pengentasan kemiskinan.

Seorang ilmuwan senior mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan pesawat ruang angkasa berisi satelit seberat kurang dari 25 kilogram. Satelit tersebut direncanakan untuk mengorbit sekitar 100 kilometer dari Mars. Pesawat ruang angkasa tersebut diluncurkan menyusul kesuksesan mereka menjalankan Chandrayaan Lunar Mission yang empat tahun lalu diluncurkan dan berhasil membuktikan bahwa bulan juga mengandung air di dalamnya. Peluncuran itu sendiri diperkirakan akan dilakukan di Satish Dhawan Space Centre yang terletak di Sriharikota. Lokasi tersebut merupakan lokasi yang sama denga peluncuran misi bulan pada 2008 lalu.

Sayang, belum ada rincian mengenai fungsi dan tujuan dari peluncuran satelit tersebut. Yang jelas, peluncuran tersebut telah membawa nama India hampir sejajar dengan Amerika Serikat, Rusia, Eropa Cina, dan Jepang yang telah terlebih dahulu mengadakan penelitian di Mars. Selain itu, India juga dikabarkan akan meluncurkan robot penjelajah di bulan pada 2014 mendatang. (dd)

Comment di sini