6 Alasan Puasa Bisa Menambah Berat Badan

by
August 7th, 2012 at 4:26 pm

CiriCara.com – Selama berpuasa lazimnya orang menjadi lebih sehat. Ternyata lebih banyak orang yang bertambah gemuk gara-gara berpuasa. Apakah Anda termasuk salah satunya? Banyak orang mengira hanya dengan menahan makan selama satu bulan kemudian berat badan bisa berkurang. Hal ini tidak sepenuhnya benar.

Seorang ahli gizi dari Banjarmasin, Pramono, menyebutkan bahwa ada penyebab mengapa berat badan malah naik saat berpuasa. Ini dia alasannya:

1. Balas dendam saat berbuka

Saat berbuka puasa orang cenderung memilih makanan yang manis seperti es buah, kolak, dan gorengan. Kemudian dilanjutkan dengan menu utama dan minuman manis lain seperti sirup. Makanan ini memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga berat badan pun lebih mudah naik.

2. Berbuka dengan makanan tanpa serat

Menu berbuka puasa yang mengandung karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah tidak mengandung serat sehingga sangat mudah dicerna oleh tubuh. Cemilan lain juga termasuk dalam kategori ini sebut saja cokelat, permen, kue, dan lain sebagainya. Efeknya adalah perut menjadi lebih cepat lapar karena karbohidrat seperti ini cepat diserap tubuh.

3. Menambah porsi makan

Orang yang memang terbiasa makan dengan porsi jumbo biasanya akan mengalami kenaikan berat badan lebih cepat. Mereka cenderung meningkatkan porsi makan lebih banyak dari saat mereka tidak berpuasa. Jumlah kalori yang dimakan lebih besar daripada yang dibakar sebagai tenaga.

4. Aktivitas berkurang

Saat berpuasa, orang cenderung menghindari aktivitas fisik sehingga ia pun menjadi lebih malas dari biasanya. Ambil contoh jam tidur siang yang bertambah panjang dan juga menghindari aktivitas yang berat. Berpuasa juga membuat malas berolahraga. Apabila jumlah kalori yang dimakan tetap bahkan bertambah, tentu saja berat badan akan bertambah.

5. Proses metabolisme menurun

Hal yang paling mendasar di sini adalah adanya penurunan proses metabolism. Walaupun porsi makan tetap, berat badan masih bisa naik. Kebutuhan energi dalam tubuh menjadi berkurang karena penggunaan energi yang lebih efektif.

6. Makanan diserap lebih efektif

Selama berpuasa tidak ada makanan yang masuk. Ini membuat tubuh menjadi lebih efektif dalam mengolah makanan sehingga dapat terserap secara sempurna dalam tubuh. Tubuh pun mendapat energi dan zat gizi dengan cara yang lebih efektif. Apabila memakan banyak makanan, semua zat gizi akan terserap.

Bila berat badan bertambah saat berpuasa, bisa jadi enam alasan di atas menjadi penyebab. Agar berat badan tidak meningkat, beraktivitaslah seperti biasa. Dengan begitu pembakaran kalori untuk energi juga terus dilakukan. (GT)

Comment di sini