Akhir September, 1 Juta Buruh Akan Beraksi

by
August 7th, 2012 at 12:16 pm

Republika

Jakarta (CiriCara.com) – Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MBPI) menuntut pemerintah untuk mencabut izin sistem outsourcing yang tidak sesuai undang-undang serta menambah komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Mereka mengancam akan melakukan aksi mogok besar-besaran jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi sebelum tenggat waktu yang diberikan.

Mereka menilai bahwa sistem outsourcing menurut Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor B.31/PHIJSK/I/2012 yang kini diberlakukan tidak memiliki sanksi yang jelas. Mereka menginginkan peraturan menteri dengan tegas mencabut izin praktik outsourcing yang tidak sesuai undang-undang.

Sedangkan KHL yang kini memiliki 60 komponen yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. 13 tahun 2012 dinilai kurang layak. Mereka menuntut penambahan menjadi 86 komponen. Hal tersebut disampaikan oleh Said Iqbal, salah satu presidium MPBI, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 6 Agustus 2012.

“Kami mengingatkan kepada pemerintah bahwa kami tidak main-main,” ujarnya seperti dikutip dari Tempo.

MBPI merupakan gabungan dari berbagai serikat buruh di Indonesia. Mereka mengancam akan mengerahkan lebih dari 1 juta buruh di 14 kabupaten padat industri untuk menuntut Hostum yang merupakan akronim dari Hapus Outsourcing, Tolak Upah Murah. Said juga menambahkan bahwa mereka memberi waktu bagi pemerintah hingga akhir September untuk memenuhi Hostum tersebut.

Terakhir, Said meminta agar tidak ada yang menodai aksi damai mereka dengan tindakan represif. “Jangan sampai aksi damai kami ternodai,” tutupnya. (dd)

Comment di sini