CiriCara: Cara Agar Terhindar dari Penyakit Diare

by
August 7th, 2012 at 1:29 pm

CiriCara.com - Berbagai jenis penyakit salah satunya dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak benar. Mengapa demikian? Perlu diperhatikan bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari atau makanan yang beredar di pasaran, terkadang makanan tersebut tidak memenuhi gizi yang baik atau kurang terjaga kebersihannya.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang tubuh kita adalah diare. Diare adalah sebuah penyakit dimana penderita mengalami rangsangan buang air besar secara terus menerus dan kotoran yang dikeluarkan memiliki kandungan air yang berlebihan. Dan tahukah Anda gejala apa saja yang menyebabkan diare itu? Ternyata diare itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor infeksi, faktor makanan, dan faktor psikologis.

Faktor infeksi yang menyebabkan diare adalah adanya infeksi pada saluran pencernaan maupun di luar alat pencernaan. Lalu, yang kedua adalah faktor makanan. Makanan yang kita makan bisa jadi adalah makanan yang basi atau makanan yang mengandung racun. Selain itu karena alergi terhadap makanan tertentu. Dan yang terakhir faktor psikologis seperti adanya rasa takut dan cemas (stres).

Agar terhindar dari gejala tersebut, simak tips berikut:

1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Aturlah pola makan Anda. Makanlah tiga kali dalam sehari, dan ingatlah untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat. Biasakan makan dengan makanan yang memiliki karbohidrat dan mineral yang tinggi seperti, makan nasi, sayur, dan lauk-pauk. Hindari juga makanan yang pedas karena dapat mengakibatkan usus Anda sakit.

2. Jaga kebersihan makanan

Sangat perlu diperhatikan kebersihan makanan yang akan kita makan. Terkadang dalam makanan itu terdapat bakteri yang tentunya tidak bisa dilihat. Maka, hindari membeli makanan yang beredar di pinggir jalan. Usahakan makan makanan yang berada di tempat yang bersih dan memiliki jenis makanan yang mengandung nilai gizi dan pastikan makanan itu tidak basi.

3. Hindari stres

Stres merupakan salah satu faktor penyebab diare. Terlalu memikirkan sesuatu secara berlarut-larut ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Jalani hidup ini dengan senyuman karena hidup ini terlalu singkat untuk diisi dengan ratapan kesedihan dan keputusasaan.

Perlu diketahui pula bahwa penyakit diare merupakan penyakit yang mematikan. Bila Anda sudah merasakan kehilangan nafsu makan, sering buang air besar cair, badan lemas, ingin muntah, dan badan lemah dan lesu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Mungkin saja Anda terkena diare.

Ada ungkapan yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Ungkapan itu ini tentunya diciptakan untuk mengingatkan kita agar selalu berhati-hati dalam menjaga kesehatan. (NR)

Comment di sini