CiriCara: Cara Ajarkan Anak Pakai Uang Lebaran

by
August 7th, 2012 at 2:54 pm

Antara

CiriCara.com – Anak-anak di masa lebaran biasanya mendapat amplop dari saudara dan keluarga. Hal ini tentu saja membuat mereka merasa senang karena memiliki tambahan uang saku.

Sebagai orang tua, Anda harus bisa mengajarkan pada anak Anda cara memakai uang saku tambahan itu dengan benar. Kebiasaan ini akan menjadi pelajaran cara menggunakan uang dengan bijak. Perhatikan cara di bawah ini:

1. Menabung

Apabila anak ingin uang yang mereka dapatkan selama idul fitri ditabung, pastikan Anda mengajarkan pada mereka bahwa mereka juga perlu bertanggung jawab dengan uang tersebut. Menabung di rumah memiliki risiko anak akan mengambil uang tersebut sedikit demi sedikit hingga akhirnya habis. Agar lebih aman, ajarkan anak untuk membuka rekening dan menabung di bank. Dengan begini, mereka akan belajar menghitung uang mereka.

2. Belanja keperluan sekolah

Salah satu keinginan anak adalah membeli sendiri keperluan sekolah mereka. Biarkan saja anak membeli peralatan mereka sendiri karena dengan cara ini mereka akan belajar merawat dan menjaga barang yang mereka miliki. Membeli barang dengan menggunakan uang sendiri juga akan menambah rasa bangga dalam diri mereka.

3. Menjanjikan tambahan bagi anak

Ada juga anak-anak yang ingin membeli barang yang harganya lumayan mahal seperti gadget baru. Apabila uang mereka hampir cukup, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk memberikan uang tambahan. Anda juga bisa memberikan syarat terlebih dahulu seperti apabila nilai sekolahnya meningkat atau apabila puasanya penuh. Dengan begitu anak juga akan menjadi lebih bersemangat.

4. Ajarkan beramal

Ajarkan anak untuk berbagi. Dengan membiasakan anak untuk berbagi, mereka akan memiliki kepekaan sosial yang lebih tinggi. Ajak anak untuk memotong uang yang mereka dapat saat lebaran. Uang tersebut berikan pada orang yang membutuhkan. Tanyakan pada anak berapa jumlah uang yang ingin mereka sumbang dan jangan lupa ajak anak untuk memberikan uang tersebut pada panti asuhan atau orang yang membutuhkan.

Itu dia empat cara mengajari anak menggunakan uang lebaran mereka dengan bijak. Dengan begitu, mereka dapat terbiasa melakukan hal yang positif dengan uang yang mereka miliki. (GT)

Comment di sini