Kedahsyatan Gunung Berapi Vesuvius di Italia

by
August 7th, 2012 at 5:05 pm

Pompeii (CiriCara.com) – Ada sebuah kota yang berdiri pada zaman Romawi kuno, nama kota itu adalah Pompeii. Kota ini terletak dekat Naples, Italia.

Sayangnya, Pompeii telah hancur dan hanya menyisakan puing-puing akibat letusan dahsyat gunung berapi Vesuvius pada 79 Masehi. Letak gunung berapi yang tersembunyi di bawah permukaan tanah ini, membuat warga yang tinggal di daerah itu tidak mengetahui ancaman bahaya tersebut.

Para ilmuwan mengatakan kalau gunung ini, sewaktu-waktu, dapat meletus dengan kekuatan yang dahsyat dan mampu menghancurkan wilayah di sekitarnya. Bahkan, daya rusak yang dihasilkan gunung berapi ini sebanding dengan meteroit raksasa yang pernah masuk ke permukaan Bumi, dan dulu menjadi penyebab musnahnya dinosaurus di Bumi.

Bahayanya lagi, sebuah taman yang bernama Campi Flegrei dan pemukiman warga berada di atas kaldera atau kawah dari gunung tersebut. Kaldera ini terbentuk akibat lapisan tanahnya terkikis oleh letusan gunung berapi tersebut. Kawah ini akan menjadi saluran keluarnya magma pijar dari perut Bumi, jika gunung ini kembali meletus.

Itulah sebabnya, De Natale, salah seorang peneliti pada Observatorium Vesuvius di Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia, mengatakan bahwa letusan kecil dari gunung berapi tersebut dapat mengakibatkan dampak yang luar biasa pada pemukiman padat penduduk yang berada tepat di atas gunung ini.

Meskipun demikian, taman yang dikelilingi oleh pemukiman 3 juta jiwa ini, terus menarik minat para turis asing yang berkunjung ke tempat tersebut.

Untuk menghindari letusan mematikan dan menghanguskan jutaan jiwa penduduk di sekitarnya, para ilmuwan menyelenggarakan program pengeboran. Pengeboran ini akan dilakukan hingga mencapai kedalaman 3,5 km. Tujuannya supaya aktivitas gunung berapi Vesuvius dapat terpantau, dan mereka dapat memberikan tanda siaga kepada warga sekitar lebih dini.

Ternyata ada yang menandingi dahsyatnya letusan gunung Krakatau di Indonesia yang terjadi pada 1883 silam. (yk)

Yahoo

Comment di sini