Mau Jadi Pengusaha Tetapi Masih Berstatus Karyawan? Inilah Tipsnya

by
August 7th, 2012 at 11:26 am

CiriCara.com - Orang berpikiran bahwa dengan uang, mereka dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan. Banyak orang yang selalu ingin mendapatkan uang lebih dari penghasilannya.

Maka dari itu, tak jarang orang yang sudah bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan ingin membuka suatu usaha baru agar dapat menambah penghasilannya.

Bagi Anda yang berpikir ingin menjadi pengusaha tetapi masih menjadi karyawan di suatu perusahaan, kali ini CiriCara .com akan memberikan tipsnya agar dapat menjalankan kedua aktivitas itu, berikut tipsnya:

1. Harus memiliki alasan yang kuat

Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk memulai usaha. Mengapa? Karena alasan inilah yang menguatkan keputusan Anda untuk menjalankan usaha dan mewujudkan untuk impian. Hindari alasan sesaat yang bisa mematahkan semangat dalam berwirausaha. Hal ini akan merugikan diri Anda sendiri.

2. Ajak kerabat

Alangkah baiknya untuk memulai usaha dengan mengajak orang-orang terdekat, seperti istri, suami, keluarga dekat ataupun teman. Tujuannya agar dapat dijadikan partner usaha sementara Anda masih harus bekerja sebagai karyawan.

Anda tetap memberikan arahan dan strategi yang telah Anda buat dengan mereka dan merekalah yang akan menjalankan usaha tersebut. Bila terdapat waktu senggang,  Anda bisa sesekali ikut menjalankan ataupun memberikan saran.

3. Manajemen waktu

Mengingat Anda masih menjadi karyawan, disiplin dan pintar-pintarlah mengelola waktu. Tujuannya agar perusahaan dimana tempat Anda bekerja tidak terganggu dan dirugikan secara waktu.

Pada saat jam kerja, Anda harus mencurahkan waktu Anda kepada perusahaan dan di luar jam kerja seperti malam hari atau hari libur adalah waktu Anda untuk menggeluti usaha Anda. Jika ingin mengajukan cuti, gunakan untuk hal-hal yang berguna berkaitan dengan usaha Anda.

4. Memilih usaha yang tepat

Sebelum memulai usaha, ada baiknya untuk memikirkan usaha apa yang tepat. Pilihlah usaha yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, hobi yang Anda geluti atau sumber daya relasi yang Anda miliki. Untuk memulai usaha tidak harus dengan menggunakan modal yang besar.

Anda bisa memulai dari modal kecil terlebih dahulu, seperti membuka warung makan di rumah, menjual busana, pulsa, sembako di rumah ataupun jenis usaha lain dengan modal yang kecil, tetapi tetap mendapatkan keuntungan.

5. Bergabung dengan komunitas

Untuk melancarkan usaha, bergabunglah dengan komunitas-komunitas, grup atau forum wirausaha yang bisa membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari orang lain. Dengan begitu, Anda dapat memiliki lingkungan usaha yang saling mendukung.

6. Menggunakan teknologi

Penggunaan teknologi sangat penting demi kelancaran usaha yang Anda jalankan. Gunakan teknologi seperti website, email, smartphone,  dan teknologi lain, tujuannya agar  membantu memantau dan berkomunikasi dengan tim kerja Anda mengenai usaha yang Anda jalankan.

Itulah tips agar Anda tetap bisa menjalani kedua aktivitas itu. Perlu diingat pula bahwa jika usaha Anda sudah menghasilkan keuntungan minimal 3 kali dari penghasilan gaji yang didapat dan stabil selama 1 tahun, maka perlu dipertimbangkan untuk menjadi pengusaha yang penuh waktu dan mengembangkan usaha Anda lebih besar lagi. (NR)

Comment di sini