10 Orang Sukses yang Bersekolah di Rumah

by
August 8th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Kontroversi pendapat terkait dengan kualitas homeschooling atau bersekolah di rumah, masih terus bergulir sampai sekarang. Ada yang menganggap kalau homeschooling tidak baik bagi pergaulan si anak. Namun, ada juga yang berpendapat kalau zaman sekarang ini pendidikan yang cocok adalah dengan memasukan sang buah hati ke pendidikan homeschooling.

Ternyata, home schooling sudah ada sejak zaman Thomas Alfa Edison lho. Jika para orangtua masih bimbang tentang kualitas homeschooling, berikut ini adalah beberapa contoh nyata, para tokoh dan orang yang berhasil meraih kesuksesan hanya dengan mengecap pendidikan melalui homeschooling.

1. Thomas Alva Edison

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, penemu lampu ini mengecap ilmu pendidikan dengan home schooling sebelum dia berhasil menjadi penemu yang melegenda seperti sekarang ini. Penyebabnya, Thomas dikeluarkan dari sekolahnya pada usia 12 tahun, dan ibunya mulai mengajar Thomas sendiri di rumahnya, dengan buku-buku yang terbatas.

2. Whoopi Goldberg

Artis Hollywood yang sangat tenar karena kemampuan aktingnya dalam memainkan beraneka macam karakter dalam film-film laris yang dibintanginya, ternyata dia hanya mengecap pendidikan dari rumahnya, alias homeschooling.

3. Frank Llyos Wright

Dia adalah salah seorang arsitek ternama dan sudah melegenda di Amerika Serikat. Tahukah Anda, ternyata Frank adalah seorang yang belajar di rumah meski dia sempat masuk sekolah umum, tidak diketahui kelanjutan sekolahnya. Frank hanya belajar dari Froebel Gifts, balok-balok yang selalu dibawakan ibunya supaya Frank dapat belajar sendiri.

4. Tim Tebow

Tim adalah gelandang untuk Denver Broncos dan New York Jets, tim rugby di Amerika Serikat. Dia juga adalah atlet jebolan homeschooling yang berhasil meraih penghargaan Heisman. Tim berhasil menghancurkan stereotip bahwa anak hasil didikan homeschooling tidak dapat menjadi atlet hebat, melainkan hanya bisa mengikuti kompetisi seperti spelling bee, dsb.

5. Condoleeza Rice

Dia adalah wanita kulit hitam yang juga mengecap pendidikan dari rumah hingga usianya mencapai 10 tahun. Sekarang dia berhasil menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi Penasehat Keamanaan nasional di AS.

6. Erwin Schrodinger

Dia adalah ilmuwan ternama pada masa Perang Dunia I. Dia juga meraih Nobel Fisika pada 1933. Siapa sangka kalau pria cerdas ini juga hasil didikan rumahan (homeschooling).

7. Margaret Atwood

Margaret adalah seorang novelis terkenal yang memenangkan Penghargaan Arthur C.Clarke. Margaret juga sudah banyak menulis puisi-puisi indah. Pada 2009 lalu, dia menulis sebuah buku yang berjudul “The Year of the Flood”.

8. Julian Assange

Julian adalah seorang jurnalis. Dia lebih dikenal sebagai pendiri dan juru bicara WikiLeaks, sebuah situs yang dibuatnya untuk menampilkan dokumen rahasia pemerintah beserta instansi-instansi pemerintahan suatu negara. Meski dia sudah menjadi sukses seperti sekarang ini, masa pendidikan yang dijalani Julian dilakukan di rumah.

9. Jennifer Love Hewitt

Kalau Anda pernah menyaksikan film “I Know What You Did Last Summer”, pasti nama Jennifer sudah tidak asing lagi. Ternyata, artis seksi nan cantik ini juga menjalani masa pendidikannya di rumah setelah pindah ke Los Angeles.

10. C.S. Lewis

Lewis memiliki nama asli Clive Staples Lewis. Dia adalah penulis buku The Chronicles of Narnia, yang sekarang lebih terkenal melalui serial film-nya. Lewis juga seorang yang menjalani pendidikan di rumah. Meski demikian, karya-karya tulisannya untuk sastra anak tetap menjadi yang terbaik di sepanjang abad pertengahan.

Itulah 10 tokoh terkenal yang berhasil meraih sukses meski mereka hanya mengecap pendidikan dari rumah. Homeschooling bukanlah suatu pendidikan yang tidak berkualitas. Sejak zaman dulu saja, orang-orang sudah mulai melakukan sistem pendidikan seperti ini, apalagi sekarang, sudah banyak lembaga yang menawarkan jasa pengajar homeschooling beserta kurikulum yang memadai.

(yk)