CiriCara: Cara Lancar Puasa Dengan 3J

by
August 8th, 2012 at 4:45 pm

CiriCara.com – Semua orang tentu berharap agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa sakit ataupun yang lainnya. Nah agar puasa Anda menjadi lacar, kuncinya adalah 3J. Masih belum tahu apa itu 3J?

Kunci 3J itu merupakan singkatan dari tiga poin penting dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Poin-poin penting ini bisa membantu Anda menjalani ibadah puasa dengan lancar dan sehat. Jadi jangan lupa untuk terapkan 3J ini dalam pola makan Anda selama Ramadan.

Berikut keterangan dari 3J, kunci lancar berpuasa:

1. Jumlah kalori

J yang pertama adalah hitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Cukupi asupan kalori tubuh Anda, terutama saat waktu sahur tiba. Makanlah nasi yang cukup bila tidak ada nasi, konsumsilah makanan yang mengandung banyak kalori seperti daging dan yang lainnya.

2. Jenis makanan

J yang kedua adalah pilih jenis makanan saat sahur dan berbuka. Makanan yang dibutuhkan tubuh saat puasa adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak serta bernustrisi seimbang. Jadi, pilihlah makanan yang mengandung 4 hal tersebut sebagai menu buka dan sahur Anda.

“Nutrisi yang dibutuhkan selama puasa adalah karbohidrat yakni, nasi atau pengganti nasi, sayur, dan buah. Protein seperti telur, ikan, ayam, dan daging. Protein nabati yakni, tahu dan tempe,” jelas pakar gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Fiastuti Witjaksono SpGK.

3. Jadwal makan

J yang ketiga adalah atur jadwal makan Anda. Seperti yang disarankan dr. Fiastuti, makan sahur sebaiknya porsinya hanya 40 persen dari makan saat hari biasa. Berbukalah dengan segera agar tidak muncul penyakit maag. Berbuka disarankan dengan yang manis untuk menambah energi karena kadar gula yang sudah berkurang.

“Sebaiknya sesuaikan dengan suhu tubuh atau hangat, lalu konsumsi teh manis, kurma, kolak dan koktail buah,” jelas dr. Fiastuti.

Selain itu, dr Fiastuti juga menyarankan untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup, khususnya pada waktu makan sahur. Disarankan untuk minum sebanyak 1,5 sampai 2 liter air per hari atau setara dengan 6-8 gelas, agar tidak terjadi dehidrasi.

(YG)

Comment di sini