Inilah 7 Acara yang Kena Semprit KPI

by
August 8th, 2012 at 2:07 pm

Detik

Jakarta (CiriCara.com)KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) telah memberikan teguran bahkan sanksi pada tujuh acara yang tayang di bulan Ramadhan. Acara-acara itu dianggap telah membuat masyarakat menjadi resah dan tidak nyaman.

KPI Pusat menyampaikan pengumuman hasil pemantauan tayangan TV di bulan puasa ini. Pemantauan dilakukan bersama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia). Pada hari Senin (6/8) bersama dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatika, bertempat di kantor Kominfo, mengumumkan hasil pemantauan mereka.

Dari acara yang tayang di bulan Ramadhan, ada tujuh acara yang dikenai sanksi yaitu “Inbox” (SCTV), “Sabar Tingkat 2” (SCTV), “Waktunya Kita Sahur” (Trans 7), “Ngabuburit” (Trans 7), “John Lenong” (Trans 7) “Kampoeng Sahur Bejo” (RCTI), dan “Sahur Bersama Srimulat” (Indosiar).

“Inbox” merupakan acara harian dan bukanlah acara yang tayang hanya di bulan Ramadhan. Teguran yang diberikan untuk program ini adalah teguran yang kedua kalinya. Selain “Inbox”, enam acara lainnya merupakan acara Ramadhan yang menerima teguran untuk pertama kali.

Kimisioner KPI Pusat Bidang Isi Siaran, Nina Muthmainah, mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau program-program ini hingga Ramadhan berakhir. Ia tidak menyebutkan program yang man karena masih dalam tahan pemantauan.

KPI juga tidak menampik bahwa acara yang diputar selama bulan Ramadhan memang membawakan program yang sesuai dengan tema bulan suci ini seperti talkshow, ceramah, sinetron, bahkan serial yang khusus dibuat untuk bulan suci ini.

“Inbox” dianggap melanggar penggolongan program siaran karena yang menonton acara ini adalah anak dan remaja. Acara sahur yang paling banyak diadukan adalah “Waktunya Kita Sahur”.

Pelanggaran yang terjadi di bagi menjadi empat kategori yaitu melecehkan orang dengan kondisi fisik, identitas, orientasi seks, dan pekerjaan tertentu. Pelanggaran kedua yaitu pelanggaran atas perlindungan terhadap anak. Pelanggaran ketiga adalah melanggar norma kesusilaan dan kesopanan. Yang terakhir adalah pelanggaran atas penggolongan program.

Pelanggaran yang terjadi masih sama dengan tahun lalu. KPI memberikan sanksi administratif terhadap 6 acara di Ramadhan tahun lalu. (GT)

Comment di sini