Inilah Rahasia Sehat di Balik Makan Sahur

by
August 8th, 2012 at 3:56 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang mengaku malas bangun untuk makan sahur. Meskipun hukumnya sunnah, makan sahur ternyata punya manfaat tersembunyi lho. Jadi, jangan malas bangun saat waktu sahur tiba. Karena sebenarnya sahur itu menyehatkan.

Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, telah mengungkap rahasia sehat dari makan sahur. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW, sahur itu sesungguhnya barakah dan berpahala.

Menurut Pramono, bangun di waktu sepertiga malam terakhir (pukul 01.00 – Subuh) untuk makan sahur akan mengurangi resiko terkena stress. Pasalnya orang yang tidur pada sepertiga malam terakhir ini akan memproduksi banyak hormon stress.

Hormon stress atau kortisol akan meningkat produksinya di jam sepertiga malam terakhir. Produksi hormon ini hanya bisa dicegah jika kita bangun dari tidur. Karena sebenarnya tidur adalah waktu yang digunakan berbagai macam hormon untuk berproduksi.

“Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua (pukul 22.00 – 01.00) dapat bermanfaat secara optimal,” kata Pramono seperti dikutip Tribunnews, Rabu (8/8/2012).

Selain meningkatkan stress, hormon kortisol juga memberikan beberapa efek buruk pada tubuh manusia. Misalnya, hilangnya massa otot; terurainya otot, tendon, ligament karena digunakan untuk membentuk glukosa. Menurunnya kadar DHEA, hormon pertumbuhan, IGF-1 dan TSH (thyroid stimulating hormone).

Menurunnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kadar gula darah, menurunnya kepekaan insulin serta meningkatkan nafsu makan dan selalu ingin makan yang manis. Dan yang terakhir, meningkatnya lemak tubuh yang biasanya ditandai dengan perut buncit.

Dengan kata lain, bangun pada sepertiga malam terakhir (untuk makan sahur) akan membantu tubuh jadi lebih sehat, terlihat awet muda, dan bisa mencegah penyakit kencing manis (diabetes). Jadi, tidak ada alasan lagi untuk Anda malas bangun sahur.

Semoga bermanfaat. (YG)

Comment di sini