Manfaat Air Zam-Zam dan 3 Air Ajaib Lainnya

by
August 8th, 2012 at 3:18 pm

CiriCara.com – Air merupakan sumber utama yang dibutuhkan manusia karena memiliki banyak manfaat seperti, memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh, mengurangi risiko beberapa macam penyakit, sebagai pelembab wajah,  dan mengatasi migrain atau sakit kepala.

Beberapa manfaat tersebut merupakan manfaat yang dimiliki kandungan air mineral, namun terdapat kandungan dari sumber air lain yang sangat berkhasiat bagi tubuh, seperti yang dipaparkan berikut:

1. ASI (Air Susu Ibu)

Cairan super yang diciptakan Tuhan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi  bayi sejak lahir dan melindunginya dari berbagai penyakit. Selain itu, ASI adalah obat mujarab yang diberikan sang Ibu untuk anaknya ketika terserang penyakit. Para Ibu wajib memberikan ASI eksklusif kepada bayinya selama enam bulan pertama, hal ini dimaksudkan untuk memenuhi gizi dan kualitas nutrisi pertama untuk bayi.

Selain baik untuk bayi, ASI juga memberikan banyak manfaat untuk sang Ibu. Meskipun di pasaran banyak susu dan makanan formula yang dibuat untuk bayi, namun cairan yang dianugerahkan Tuhan ini terbukti berkhasiat khususnya untuk bayi yang baru lahir.

2. Air kelapa muda

Air yang satu ini mengandung mineral dan elektrolit yang sangat beragam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Kandungan yang terdapat di air kelapa tersebut ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan seperti, dapat mengatasi mual-mual dan muntah, mengobati penyakit demam berdarah bila diminum secara teratur, menghilangkan rasa lelah dan lesu, dan dapat mengobati cacingan pada anak.

3. Air zam-zam

Hasil penelitian dari Dr. Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian dari King Saud University menunjukkan bahwa kandungan yang dimiliki air zam-zam bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Di dalam air zam-zam terdapat kandungan mineral khususnya fluoride yang tinggi.Perlu diketahui apabila gigi dan mulut kekurangan kandungan fluoride, dapat mengakibatkan infeksi pada gusi dan gigi keropos.

4. Air dari pegunungan vulkanik

Banyak merek yang mengatakan sumber airnya berasal dari mata air pegunungan. Lalu, mata air pegunungan seperti apa yang bagus buat kesehatan? Prof. Dr. Sari Bahagiarti, MSc., ahli hidrogeologis dari UPN Veteran Yogyakarta mengatakan bahwa mata air pegunungan vulkanik merupakan sumber air minum terbaik karena bebas pencemaran, mengandung mineral alami yang seimbang dan memenuhi tiga syarat karakteristik sumber air tanah yang baik.

Ternyata berbagai jenis air sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semua yang diciptakan Tuhan memiliki manfaat bagi kehidupan manusia asalkan manusianya dapat mengembangkan dengan benar. (NR)