Polri-KPK Juga Rebutan Kasus Flu Burung?

by
August 8th, 2012 at 4:07 pm

(inilah.com)

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui sedang mengusut sebuah kasus yang juga sedang ditangani Polri. Kasus yang diduga merugikan negara Rp 300 miliar tersebut berkaitan dengan pengadaan vaksin flu burung dan terjadi di Kementerian Kesehatan.

Meski Polri dan KPK sama-sama mengusut kasus tersebut, mereka tetap yakin bahwa tidak akan terjadi “bentrok” di antara keduanya. Pasalnya, meskipun kasus yang ditangani sama, tahun anggaran yang ditangani Polri maupun KPK berbeda. KPK menangani tahun anggaran 2012 sedangkan Polri tahun 2008.

Menurut Wakil Ketua KPK Bambang Widjojoanto, ada empat kasus terkait vaksin flu burung yang ditangani KPK yaitu pengadaan alat medis pada tahun anggaran 2005-2006, pengadaan alat medis pada tahung anggaran yang sama, pengadaan alat kesehatan di pusat penanggulangan krisis di tahun anggaran 2007, dan terakhir kasus pengadaan vaksin flu burung. Masing-masing kasus telah memiliki tersangka bahkan ada yang sudah divonis dua tahun penjara pada Juni lalu.

Untuk kasus terakhir, awalnya diusut oleh Kejaksaan namun dilimpahkan ke KPK. Kasus terakhir itulah yang ternyata juga sedang ditangani Polri. Namun, Bambang yakin bahwa tidak akan ada gesekan. “Yang jelas, tahun anggarannya beda dan itu tidak ada masalah,” ujarnya seperti dikutip dari Tempo.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, tidak akan ada benturan antara KPK dan Polri.

“KPK bisa melakukan penyelidikan dan penyidikan di tahun yang berbeda,” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa mereka akan tetap berkoordinasi jika dalam proses penyidikan ada hal-hal yang berhubungan.

Seperti diketahui, media kini tengah menyoroti KPK dan Polri terkait adanya kasus simulator SIM di tubuh Polri. Dalam kasus tersebut, KPK melakukan penggeledahan gedung Korlantas Mabes Polri namun mendapatkan “perlawanan” dari petugas kepolisian. Polri sendiri mengklaim bahwa mereka juga tengah melakukan penyidikan atas kasus tersebut. Perseteruan antara KPK – Polri tersebut ramai diberitakan sebagai Cicak vs Buaya Jilid II. (dd)

Comment di sini