Setelah Kemeja, Kini Muncul Jilbab Kotak-kotak

by
August 8th, 2012 at 3:11 pm

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Surakarta (CiriCara.com) – Setelah kemeja motif kotak-kotak yang dipakai Joko Widodo menjadi populer, kini muncul jilbab kotak-kotak. Seorang penjahit asal Surakarta membuat jilbab motif kotak-kotak untuk menyambut Ramadan tahun 2012 ini.

Suparto (50) seorang penjahit yang berhasil merintis jilbab kotak-kotak sejak pekan lalu. Selain jilbab kotak-kotak, Suparto juga merintis songkok motif kotak-kotak. Kini, Suparto sudah mulai menerima pesanan dari beberapa daerah termasuk luar Surakarta.

Jilbab kotak-kotak buatan Suparto ini terbilang sederhana. Suparto hanya melakukan penggabungan jilbab putih polos dengan kain motif kotak-kotak. Untuk songkok, Suparto juga menerapkan cara yang sama.

Menurut Suparto, ide jilbab kotak-kotak ini berawal dari seorang pemesan dari Jakarta. Pemesan itu memintanya untuk membuat jilbab dan songkok yang dipadu dengan motif kotak-kotak. Suparto pun mencoba memutar otak agar motif kotak-kotak bisa terlihat serasi dengan jilbab buatannya

Suparto yang tinggal di Cinderejo Lor, Rt 1 Rw 5 Gilingan, Banjarsari, Solo ini akhirnya punya ide. Untuk jilbab, dari empat sisi, hanya dua sisi yang ditempel kain kotak-kotak, yang dipercantik dengan renda dan pita merah. Sementara untuk songkok, kain kotak-kotak dijahit melingkar pada bagian tengah.

“Soalnya tidak mungkin kalau semuanya jadi motif kotak-kotak seperti kemeja. Jadinya lucu,” ujarnya kepada Tempo, Selasa (7/8/2012).

Saat ini, Suparto tengah mengerjakan 500 jilbab kotak-kotak dan 500 songkok kotak-kotak yang dipesan oleh pelanggannya. Suparto belum berani memproduksi jilbab dan songkok kotak-kotak ini dalam jumlah besar, karena nilai pasarnya belum pasti.

Suparto menjual jilbab kotak-kotaknya dengan harga Rp 20 ribu dan songkok Rp 12.500. Selain menerima pesanan dari Jakarta, jilbab dan songkok kotak-kotak buatannya itu sudah cukup laris di Solo. Ia juga menerima pesanan perorangan, pasalnya proses pembuatan jilbab ini hanya memakan waktu 15 menit saja.

Didik, salah satu pemesan jilbab kotak-kotak mengatakan bahwa jilbab kotak-kotak buatan Suparto terlihat bagus dan sangat unik. “Cocok untuk dibagikan ke sanak kerabat saat Lebaran nanti,” katanya.

Suparto sendiri memang sudah berpengalaman dengan motif kotak-kotak. Sebelumnya, pria berusia 50 tahun itu sudah menggarap 1.000 potong kemeja kotak-kotak ala Jokowi-Ahok. Ia sudah memproduksi baju kotak-kotak sejak dua bulan yang lalu.

(YG)

Comment di sini