3 Jenis Teman yang Menguras Isi Dompet

by
August 9th, 2012 at 3:26 pm

CiriCara.com - Walaupun manusia diciptakan Tuhan sebagai mahluk sosial yang artinya tidak bisa hidup sendiri, namun dalam pergaulan memilih teman boleh-boleh saja, karena tidak semua teman bisa dijadikan orang dekat yang bisa dipercaya.

Terkadang Anda tidak mengetahui seorang teman terlihat manis di depan, namun pada kenyataannya ia sering menggosipkan Anda. Tidak hanya itu, masih banyak hal negatif yang dimiliki oleh seorang teman, salah satunya teman yang buat kita bangkrut.

Mau tahu ciri-cirinya? Simak paparan berikut ini:

1. Bersikap seperti tuan atau nona

Jika saat ini Anda bekerja di perusahaan ternama dengan gaji yang cukup besar dan teman-teman Anda mengetahuinya, tentunya mereka sering mengajak berpergian ke tempat-tempat yang hanya menghabiskan uang. Misalnya, pergi ke salon atau tempat spa, berbelanja setiap minggunya dan makan ke mall. Namun, di balik itu semua ternyata teman Anda terus-terusan meminta untuk dibayari.

Solusinya adalah ketika sedang berkumpul bersama teman Anda yang seperti itu, sebaiknya saat tagihan datang keluarkan uang sebesar jumlah tagihan Anda. Setelah itu, biarkan teman-teman Anda yang membereskan sisanya.

2. Gemar berfoya-foya

Tipe teman ini patut diwaspadai karena bisa membuat Anda bangkrut habis-habisan. Teman Anda yang satu ini orangnya gemar pergi ke pusat perbelanjaan. Ia juga yang orang yang gemar berburu barang diskon dan pergi ke salon setiap minggu. Di dalam hidupnya, yang ada di pikirannya hanya foya-foya agar membuat hidup bahagia.

Walaupun pengetahuannya bagus dalam hal fashion dan terlihat stylish, bukan berarti Anda harus mengikuti jejaknya. Tak sadar, ternyata ia sering membuat Anda membeli gaun, tas, dan sepatu yang sebenarnya belum Anda butuhkan. Bahkan sekalipun harganya mahal menurut Anda, ia akan mengatakan “itu cocok kok buat kamu, kamu semakin terlihat cantik pakai itu.”

Sebagai teman yang baik, seharusnya ia bisa menahan Anda untuk membeli sesuatu yang tidak berguna kan, bukan malah menjatuhkan.

3. Pengusaha muda

Dia kreatif, yang dipikirkannya hanya bagaimana mengelola uang agar dapat menambah penghasilannya. Lalu, dibukalah online shop dengan berbagai jenis barang dagangan seperti baju, sepatu, aksesori, dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa Anda ingin melihat ia berhasil bukan berarti harus membeli terus-menerus barang dagangannya.

Ada cara lain yang setidaknya dapat membantu usahanya seperti, menyebarkan barang dagangan melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, dan BBM. Tentunya hal ini tidak akan membuat bangkrut Anda kan.

Teman banyak jenisnya, maka hindari teman yang hanya membuat rugi diri Anda dan pintar-pintarlah memilih teman. (NR)

Comment di sini