Anggota DPR Pertanyakan Regulasi Klinik Tong Fang

by
August 9th, 2012 at 3:12 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Fenomena Klinik Tong Fang yang menjadi parodi di Twitter tersebar semakin luas. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Komisi IX Poempida Hidayatullah pun ikut ambil bicara. Ia menyoroti bahwa klinik tersebut harus memiliki regulasi yang jelas demi melindungi konsumen.

Komentar pria yang akrab disapa Poempi tersebut sepertinya adalah hal yang wajar. Pasalnya, parodi atau plesetan mengenai klinik Tong Fang yang beredar di jejaring sosial hampir semuanya bernada negatif seperti: “3 tahun menderita kencing manis. Setelah ke klinik Tong Fang, kencing saya menjadi asin! Terima kasih Tong Fang!”

Menurut Poempi, ada perbedaan yang jelas antara klinik alternatif yang menggunakan terapi dan obat-obatan herbal sehingga perlu regulasi yang lebih jelas, khususnya dari Kementerian Kesehatan. Politisi Golkar tersebut juga menilai fenomena klinik pengobatan alternatif Tong Fang ini merupakan sesuatu yang unik karena tidak berbasis ilmu kedokteran.

Hal lain yang ia khawatirkan adalah kemungkinan terjadinya malpraktik. Menurutnya, harus ada regulasi dan posisi yang jelas dari klinik-klinik pengobatan alternatif. Hal tersebut semata-mata demi melindungi pasien atau konsumen. Seperti halnya pertanggungjawaban dan profesionalisme yang jelas dalam bidang kedokteran.

“Nah dalam kasus pengobatan alternatif ini, siapa yang dapat menjadi pelindung bagi konsumen jika tidak ada hukum, regulasi dan aturan mainnya?” ujar Poempi seperti dikutip dari Gatra, Gatra, Kamis (9/8). (dd)

Comment di sini