CiriCara: 4 Cara Hindari Pemborosan

by
August 9th, 2012 at 1:42 pm

CiriCara.com – Membeli barang-barang diskon yang ditawarkan pusat perbelanjaan, terlalu sering makan di luar rumah, berlibur lebih dari dua kali dalam sebulan, dan membeli barang yang bukan menjadi kebutuhannya merupakan kegiatan yang dapat membuat hidup seseorang menjadi boros.

Gaya hidup boros tidak baik dilakukan karena nantinya dapat merugikan diri Anda sendiri. Ada beberapa cara agar hidup kita terhindar dari pemborosan. Simak tips berikut:

1. Catat pengeluaran perbulan

Mencatat pengeluaran bulanan itu penting dilakukan. Mengapa? Karena bila tidak dilakukan akan menghabiskan uang Anda sendiri. Catat pengeluaran Anda perbulan, seperti uang yang harus dikeluarkan untuk berbelanja seperti membeli sepatu, baju, celana, pernak-pernik atau yang sudah berkeluarga catat juga uang saku untuk anak sekolah, biaya masak, dan lain sebagainya.

Dengan adanya catatan pengeluaran perbulan, secara tidak langsung Anda akan mematuhinya dan ada batasan pada diri Anda untuk mengeluarkan uang. Anda dapat dikatakan boros apabila pengeluaran melebihi batas yang sudah Anda bataskan sendiri. Poin ini sangat penting dilakukan apabila Anda ingin memulai hidup hemat.

2. Jangan mudah tertarik dengan barang bagus

Istilah “lapar mata” harus dihindari agar uang Anda tetap aman. Jangan mudah tertarik untuk membeli baju, sepatu atau pernak-pernik yang bagus padahal uang Anda tidak cukup. Barang bagus yang Anda lihat, terkadang tidak diperlukan dan itu hanya keinginan sementara Anda saja. Tidak ada seorangpun yang bisa mengendalikan masalah ini kecuali Anda sendiri.

3. Jangan tergiur dengan barang diskon

Tawaran diskon yang terdapat di pusat perbelanjaan hanya sebagai daya tarik pembeli saja. Perlu diketahui bahwa barang diskon bukanlah barang yang harganya semakin murah, namun harga itu semakin tinggi. Bagi Anda yang gemar berburu barang diskon, sebaiknya di tahan-tahan saja untuk membeli barang tersebut. Apabila ingin membelinya, harus sesuai dengan kebutuhan Anda dan beli pada saat harganya normal.

4. Jangan terlalu sering berkunjung ke pusat perbelanjaan

Gawat apabila Anda mengunjungi pusat perbelanjaan tiga sampai empat kali dalam seminggu. Anda tahu bahwa di pusat perbelanjaan pastinya banyak tawaran yang menarik yang menggiurkan Anda. Mungkin niat Anda sebelumnya hanya ingin sekadar melihat-lihat atau menghilangkan penat saja, namun terkadang akhirnya malah membeli barang yang tidak seharusnya dibeli. Tidak mungkin apabila pergi ke sana Anda tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Mulai saat ini, gunakan uang Anda dengan cerdas. Lebih baik menabung untuk masa depan daripada mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna. (NR)

Comment di sini