CiriCara: Cara Mudik Aman Pakai Sepeda Motor

by
August 9th, 2012 at 3:29 pm

CiriCara.com – Bulan Ramadan 2012 telah memasuki tahap akhirnya, sejumlah perantau sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik atau pulang kampung. Selain menggunakan kendaraan umum, mudik menggunakan sepeda motor juga menjadi favorit banyak pemudik.

Mudik menggunakan sepeda motor memang mempunyai banyak keuntungan. Mulai dari efisien waktu karena bisa terhindar dari macet hingga ongkos yang murah. Meskipun begitu, mudik menggunakan sepeda motor tetap harus dilakukan dengan benar agar aman dan nyaman.

Berikut cara aman mudik pakai sepeda motor:

1. Persiapan fisik

Mudik dengan sepeda motor butuh fisik yang kuat dan sehat. Sebelum berangkat, pastikan fisik Anda dalam kondisi prima atau tidak sakit. Jika akan menempuh perjalanan jauh, lebih baik tidak berpuasa.

2. Cek kondisi motor

Sebelum berangkat, cek dulu kondisi sepeda motor Anda. Pastikan semua komponen dalam keadaan baik dan bekerja secara normal. Misalnya, tekanan udara pada ban, lampu utama, lampur rem, lampu sign, dan cek juga kedalaman rem depan dan belakang.

3. Siapkan perlengkapan

Pakailah semua perlengkapan berkendaran dengan baik dan lengkap. Kenakanlah jaket, helm SNI (berkaca bening), hindari alas kaki berupa sendal, bawa peta mudik, dan siapkan jas hujan model setelan.

4. Dokumen lengkap

Pastikan semua surat-surat kepemilikan sepeda motor Anda lengkap. Simpan di tempat yang aman agar tidak terjatuh saat perjalanan. Cek selalu setiap Anda tiba ditempat peristirahatan agar bisa terpantau.

5. Patuhi aturan

Agar mudik aman, Anda harus mematuhi aturan dalam berkendara. Misalnya, patuhi rambu lalu lintas, penumpang tidak boleh lebih dari 2 orang, jangan bawa barang berlebihan, dan selalu melaju di jalur yang benar.

Untuk lebih amannya, Anda disarankan untuk tidak melakukan perjalanan mudik sendiri. Laluilah rute yang sudah Anda kenal dan ketahui. Jangan menggunakan alat komunikasi seperti handphone saat berkendara.

Agar kondisi fisik Anda tetap fit, disarankan untuk tidak memaksakan diri. Beristirahatlah secara berkala di tempat-tempat atau posko peristirahatan yang sudah disediakan petugas. Pastikan motor dalam kondisi terkunci saat Anda pergi beristirahat.

Semoga mudik Lebaran Anda kali ini bisa berjalan aman dan nyaman. (YG)

Comment di sini