Inilah 7 Sikap yang Wajib Dilakukan Ketika Berada di Hotel

by
August 9th, 2012 at 10:26 am

CiriCara.com – Liburan merupakan hal yang ditunggu-tunggu seseorang untuk melepas penat apabila dijalankan bersama kerabat terdekat, mengunjungi tempat-tempat yang indah, dan mendapatkan hotel yang nyaman.

Namun, terkadang pengalaman yang didapat selama liburan kurang menyenangkan karena berseteru dengan orang lain seperti pegawai hotel. Anthony Melchiorri, ahli hotel yang sudah 20 tahun memandu acara televisi “Hotel Impossible” memberikan beberapa saran tentang larangan hal selama di hotel:

1. Bersikap sopan kepada pegawai hotel

Bagaimanapun situasi dan kondisinya, apabila pegawai hotel melakukan kesalahan, jangan pernah berteriak untuk memarahinya. Pegawai hotel juga manusia dan Anda tentunya adalah orang yang beradab dan tahu sopan santun. Hargailah sesama walaupun ia adalah pegawai hotel. Bersikap tenang dan lebih baik bicara dengan baik-baik kepadanya apabila orang tersebut melakukan kesalahan.

2. Jangan pernah mengatakan nomor kamar Anda kepada orang lain

Nomor kamar Anda adalah privasi, maka jangan memberitahukannya kepada orang lain yang tidak Anda kenal. Mengapa? Karena untuk menjaga keselamatan diri Anda sendiri. Namun, jika ingin memberitahu, beritahu kepada kerabat terdekat saja bila Anda sedang menjalankan liburan bersama mereka.

3. Jangan marah ketika petugas hotel menanyakan tamu Anda

Terkadang ada seseorang yang mengunjungi kamar hotel Anda, namun jangan marah apabila petugas hotel menanyakan identitas tamu Anda tersebut. Karena merupakan bagian dari tugasnya demi keamanan Anda di hotel tersebut. Perlu diingat juga bahwa Anda berhak menanyakan kartu identitas pegawai tersebut apabila terdapat hal-hal yang mencurigakan.

4. Jangan tuduh petugas hotel mencuri barang Anda

Apabila Anda kehilangan barang selama menginap di hotel tersebut, sebaiknya jangan asal tuduh apalagi kepada pegawai hotel. Meskipun ia mondar-mandir ke kamar hotel Anda tanyakan saja baik-baik seperti, “Pernah melihat ada barang saya yang tertinggal di sini gak pak?”.

5. Jangan check out terlambat

Poin ini sangat penting bila ada sedang menginap di hotel. Mengapa? Karena apabila Anda terlambat check out, maka akan terkena biaya tambahan. Sebaiknya, bila Anda terpaksa terlambat, bicarakan dahulu kepada petugas hotel.

6. Jangan tinggalkan koper sembarangan

Koper adalah sesuatu yang berharga pada saat liburan Anda. Sebaiknya bila baru saja check in, tetap pegang dan jagalah barang Anda. Jangan bergegas diberikan kepada pegawai hotel.

7. Jangan bertindak memalukan

Terkadang ada sesuatu barang yang tertinggal di hotel apabila kita sudah check out. Yang Anda bisa lakukan adalah telepon hotel tersebut dan tanyakan. Apabila ada, katakan untuk mengantarnya. Biasanya, ada biaya tambahan yang dikenakan untuk Anda.

Itulah 7 larangan sikap kepada petugas hotel. Jika Anda sudah mengetahui 7 larangan tersebut, lakukanlah. Semoga liburan Anda akan terasa lebih menyenangkan dengan pengalaman-pengalaman yang mengasyikan juga. Selamat berlibur. (NR)

 

Comment di sini