Inilah Tanggapan Jokowi Soal Sindiran Foke

by
August 9th, 2012 at 2:13 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Baru-baru ini masyarakat Jakarta dihebohkan dengan video Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foke) yang menyindir rivalnya, Joko Widodo (Jokowi). Video tersebut sudah diunggah ke YouTube dan menuai banyak protes. Lalu apa tanggapan Jokowi?

Seperti yang dilansir Kompas, calon gubernur DKI Jakarta dari Solo, Jokowi hanya tertawa saja saat dimintai tanggapan terkait sindiran Foke tersebut. Ia justru menyarankan Foke untuk bersikap lebih bijaksana dalam membedakan kepentingan politik dan warga Jakarta. Apalagi sindiran itu disampaikan Foke di depan para korban kebakaran.

“Iya saya sudah lihat itu videonya semalam. Ya sebenarnya harus bijak ya. Itu kan dalam kondisi kesusahan. Harusnya segera diberikan bantuan,” kata Jokowi kepada Kompas, Kamis (9/8/2012).

Jokowi mengaku tidak akan membesar-besarkan pernyataan Foke yang menjadi saingannya di Pilkada DKI putaran kedua mendatang. Ia lebih memilih menyerahkan semua masalah ini kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta.

“Sudah serahkan saja urusannya pada Panwaslu. Mereka kan yang ngawasin,” ujar Jokowi santai.

Sementara itu, Koordinator Komunikasi & Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo, mengaku belum melaporkan video tersebut ke Panwaslu DKI Jakarta. Menurutnya, video sindirian Foke tersebut mungkin sudah sampai ke Panwaslu. “Jadi bisa konfirmasi juga kepada Panwaslu bagaimana komentarnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, video sindiran Foke untuk warga yang memilih Jokowi pada Pilkada DKI putaran pertama beredar di YouTube. Dalam video itu, Foke terlihat tengah berkunjung ke lokasi pengungsian korban kebakaran Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (7/8/2012) lalu.

Dalam video berdurasi 1 menit 2 detik itu, Foke sempat berdialog dengan warga yang menjadi korban. Saat ditanya apakah pemerintah mau membangun rumah warga yang terbakar, Foke malah berkomentar, “Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja.”

Di YouTube, komentar Foke tersebut langsung mendapatkan sejumlah protes. Beberapa akun menganggap Foke sedang ketakutan tersaingi oleh Jokowi, itulah sebabnya ia berkometar seperti itu.

Sementara itu, Panwaslu selaku pengawas Pilkada DKI juga belum memberikan tanggapannya. Apakah komentar Foke saat mengunjungi korban kebakaran itu termasuk pelanggaran kampanye? (YG)

Comment di sini