Peringkat FIFA: Timnas Indonesia Turun 6 Level

by
August 9th, 2012 at 9:57 am

Jakarta (CiriCara.com) – Minimnya prestasi dari pertandingan tingkat internasional membuat peringkat sepakbola Timnas Indonesia di mata FIFA turun lagi. Timnas Indonesia kini berada di peringkat ke-159 dunia atau turun 6 level dari peringkat sebelumnya.

Dalam daftar peringkat yang baru-baru ini dirilis FIFA, Indonesia hanya mampu mengumpulkan 128 poin. Angka tersebut menurun drastis dari angka yang berhasil diraih Merah Putih sebelumnya.

Sementara untuk tingkat Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat kelima. Peringkat pertama masih dipegang oleh Malaysia (tetap di peringkat 157 dunia, 134 poin), peringkat kedua, Filipina (naik 2 peringkat ke-150 dunia, 167 poin), peringkat ketiga, Vietnam (merosot 26 peringkat ke-146 dunia, 183 poin), dan peringkat keempat diraih oleh Thailand (naik 2 peringkat ke-133 dunia, 234 poin).

Sementara untuk tingkat seluruh Asia, Timnas Indonesia hanya mampu berada di peringkat ke-27 kalah dari Malaysia yang berada di peringkat ke-26 Asia. Untuk tim terkuat Asia Agustus 2012 dipegang oleh Jepang (peringkat 22 dunia).

Prestasi yang redup dan jarang melakukan uji coba internasional disebut-sebut sebagai faktor penyebab turunnya peringkat Timnas Indonesia. Apalagi baru-baru ini Timnas Indonesia U-22 telah tersingkir di babak kualifikasi piala Asia.

Koordinator Timnas Bob Hippy mengatakan bahwa peringkat Indonesia yang turun juga disebabkan karena jarang berlaga di level internasional. Meski baru-baru ini Timnas Indonesia sering melakukan uji coba dengan klub internasional, laga tersebut tidak akan berpengaruh pada ranking FIFA.

“Kita jarang main friendly game dengan negara-negara lain. Tidak main berarti tidak dapat poin. Kalau mau poin mainnya harus dengan sesama timnas, bukan lawan klub,” tukas Bob kepada wartawan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 sempat melakoni laga uji coba dengan Timnas Malaysia U-22. Namun sayang, di laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno itu, Indonesia kembali dikalahkan Malaysia dengan skor telak 0-6.

Sementara untuk peringkat pertama dunia masih dipegang oleh Timnas Spanyol dengan 1.605 poin. Peringkat kedua dunia ditempati oleh Jerman dengan 1474 poin dan Inggris berada di peringkat tiga dengan 1294 poin.

(YG)

Comment di sini