Tips Mudik Untuk yang Masih Pemula

by
August 9th, 2012 at 5:00 pm

CiriCara.com – Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi sebuah tradisi rutin menjelang hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Saat mudik juga menjadi saat yang paling ditunggu banyak orang. Karenanya siapkanlah rencana mudik kamu dengan baik.

Bagi pemudik pemula, mungkin yang dirasakan saat ini adalah gelisah dan khawatir. Takut tertinggal pesawat, kapal, dan bus pasti akan menjadi hal yang pertama dikhawatirkan. Agar tidak salah dalam melakukan persiapan mudik, lebih baik ikuti tips mudik untuk pemula berikut ini:

1. Jika kamu mudik menggunakan kapal laut atau pesawat, jangan sekali-kali turun di tengah perjalanan. Selain belum sampai tujuan, hal ini juga bisa berbahaya untuk keselamatan jiwa dan raga kamu.

2. Bagi kamu yang menggunakan bus, pastikan jurusan (tujuan) yang dipilih adalah benar. Jangan sampai salah pilih bus, karena ada beberapa bus yang jurusannya kejurang, alias bus ini sudah tidak layak jalan.

3. Jika mudik menggunakan motor atau mobil pribadi, sangat disarankan untuk mengecek bensin. Karena jika tidak, kamu bisa kelelahan karena harus mendorong motor atau mobil ke SPBU terdekat.

4. Jangan lupa bawa surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM. Untuk surat tanah, surat cinta dari dosen, dan surat hutang bisa kamu tinggal di rumah. Tips ini agar kamu tidak ditilang oleh Polisi saat melakukan perjalanan nanti.

5. Hati-hati kepada penumpang yang menawarkan kamu minuman atau makanan di angkutan umum. Karena bisa jadi setelah kamu makan/minum, penumpang tersebut minta bayaran (karena sesungguhnya dia adalah pedagang). Jadi, kalau bisa minta mentahnya saja agar tidak tertipu.

6. Untuk menghindari kejahatan karena hiptonis, usahakan untuk tidak menatap mata orang yang belum dikenal. Selain bisa terkena hipnotis, kamu juga bisa jatuh cinta sama dia. Ingat! Kejahatan terjadi bukan karena keinginan, tapi juga karena kesempatan. Waspadalah…waspadalah…

7. Hindari membawa barang yang tidak begitu diperlukan. Misalnya, kulkas, televisi, sofa, meja makan, kursi pijat dan masih banyak lainnya.

Faktor penting ketika mudik lebaran adalah jangan lupa berdoa, prioritaskan keselamatan, dan yang paling penting adalah jangan lupa bawa uang untuk ongkos. Janganlah berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

(YG)

Comment di sini