Apple Dapat “Musuh” Baru

by
August 10th, 2012 at 2:29 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Rabu lalu, 8 Agustus 2012, Apple resmi mendapatkan “musuh” baru. Adalah Li Zhengdao, seorang pria berkebangsaan Taiwan, yang menggugat Apple di Zhenjiang, Cina. Pria ini cukup yakin bahwa fitur FaceTime milik Apple melanggar hak patennya. Pengadilan telah menerima kasus tersebut dan telah memanggil pihak Apple.

Apple diduga telah melanggar hak paten milik Zhengdao terkait fitur FaceTime, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna iPhone, iPad, iPod, atau iMac melakukan video call dengan memanfaatkan koneksi internet. Paten tersebut telah didaftarkan Zhengdao atas nama perusahaannya pada tahun 2003, dan disahkan pada tahun 2004. Zhendgao sendiri pertama kali menyadari bahwa Apple melanggar patennya ketika ia membeli iPhone di kota Zhenjiang, tempat di mana ia biasa berbisnis.

Pengacara Zhengdao, Bu Lin, mengatakan bahwa mereka belum mengetahui berapa jumlah kerugian yang mereka alami atas pelanggaran paten tersebut. Bahkan, mereka juga belum memutuskan untuk meminta ganti rugi atau tidak.

Kami hanya ingin Apple menghentikan pelanggaran paten tersebut,” ujar Lin seperti dikutip dari Macworld.

Sementara itu, pihak Apple belum memberikan keterangan terkait dugaan ini.

Kasus ini menambah panjang daftar tuntutan yang diterima Apple. Sebelumnya, sebuah perusahaan Cina menuntut Apple atas penggunaan merek dagang iPad dan menang. Apple terpaksa mengeluarkan dana sebesar $60 juta atau sekitar Rp 566 milar untuk tetap bisa menggunakan merek dagang iPad. Dua peruasahaan lain juga menuntut Apple, satu untuk penggunaan nama Snow Leopard, satu lagi terkait fitur Siri. Kasus-kasus tersebut belum termasuk “perang besar” melawan Samsung di beberapa negara. (dd)

Comment di sini