CiriCara: 5 Cara Perawatan Lensa Kacamata

by
August 10th, 2012 at 10:57 am

CiriCara.com – Sebagian orang menggunakan kacamata hanya lepas pakai saja, mereka tidak memikirkan perawatan kacamata itu. Padahal sangat penting untuk merawat kacamata, tujuannya agar tidak terlihat kusam, tidak banyak goresan, dan nyaman bila dipakai.

Bagi Anda yang ingin kacamatanya agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang, perlu perwatan sebagai berikut:

1. Membersihkan lensa dengan cairan

Untuk membersihkan lensa kacamata, pakailah pembersih lensa atau campuran air dan sabun. Bersihkan selalu dalam keadaan basah. Jangan pernah membersihkan lensa kacamata dengan hembusan nafas Anda ya.

2. Membersihkan dengan kain lembut

Biasanya ketika membeli kacamata, Anda akan mendapat sehelai kain lembut yang diletakkan di dalam tempat kacamata. Kain itu  berguna untuk membersihkan lensa kacamata Anda. Perlu diingat, jangan pernah membersihkan kacamata dengan kertas atau baju Anda. Mengapa? Hal itu akan membuat lensa kacamata tergores dan akhirnya menjadi tidak tahan lama.

Bila kain lembut Anda sudah tidak layak pakai, pergilah ke optik terdekat untuk membelinya lagi.

3. Menyetel kacamata secara berkala

Bila kacamata yang Anda pakai sudah tidak nyaman lagi, segera datanglah ke optik kacamata terdekat. Perlu diingat juga, sebaiknya Anda harus menyetel kacamata secara berkala agar dapat tahan dalam jangka waktu yang lama dan selalu nyaman dipakai.

Memakai dan melepas kacamata sebaiknya menggunakan kedua tangan untuk memegang gagang kacamata lalu lepaslah dengan perlahan dari telinga Anda.

4. Simpan di tempat kacamata

Simpan di tempat yang benar kacamata yang biasa Anda pakai. Simpanlah di tempat kacamata yang Anda miliki dan bawalah kemanapun Anda pergi. Jangan diletakkan sembarangan, apabila hilang atau rusak nantinya Anda sendiri yang rugi.

5. Hindarkan kacamata dari tempat panas

Jagalah baik-baik kacamata Anda. Jangan pernah meletakkannya di tempat yang panas seperti dekat kompor menyala,  di atas monitor, dan televisi. Hindarkan juga memakai kacamata bila Anda sedang memasak. Tujuannya agar tetap melindungi lensa kacamata agar tetap awet.

Sebaiknya, rawatlah kacamata Anda agar selalu nyaman dipakai dan kacamatapun bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Anda tidak mau kan mengganti  kacamata sebulan sekali? Pastinya hal itu juga dapat membuat Anda boros. (NR)