CiriCara: Cara Menghadapi Dosen yang Tidak Menyenangkan

by
August 10th, 2012 at 5:02 pm

CiriCara.com – Masalah yang sudah tidak asing lagi bagi para mahasiswa adalah tugas-tugas yang menumpuk karena saking banyaknya, soal ujian yang terlalu sulit, nilai yang jelek, dsb. Pembicaraan seputar kehidupan kampus juga tidak terlepas dari masalah dosen yang menyebalkan.

Tak jarang para mahasiswa merasa tidak puas dengan cara mengajar beberapa dosen di kampus mereka. Walaupun dosen itu sudah bergelar Doktor ataupun Profesor, tapi sebagian dari mereka justru tidak enak dalam mengajar.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi dosen-dosen yang tidak menyenangkan pada semester baru nanti.

1 Jika kamu masih punya waktu untuk mengganti kelas yang diajar dengan dosen yang tidak menyenangkan, segeralah urus pergantian kelas itu. Selain itu, mungkin kamu dapat menunda mengambil kelas tersebut hingga semester berikutnya dengan kemungkinan dosen yang berbeda.

2.Jika kamu telat menyadari bahwa yang akan mengajarmu pada semester baru nanti adalah dosen yang tidak menyenangkan, cara lainnya adalah menumpang di kelas temanmu dengan mata kuliah yang sama (asalkan dosennya berbeda).

3. Mintalah bantuan teman untuk mengajarimu materi mata kuliah tersebut. Meski tidak dapat belajar di kelas, kamu bisa minta bantuan dengan teman yang menguasai mata kuliah tersebut untuk membimbingmu. Langkah ini dapat dilakukan jika kamu terpaksa harus mengikuti kelas yang tidak nyaman itu karena kamu tidak punya kesempatan melakukan cara 1 dan 2 seperti di atas.

4. Memang rasanya sangat menyiksa ketika terpaksa mengikuti kuliah dengan dosen yang tidak kamu suka. Tapi, daripada pusing memikirkan cara untuk menyingkirkannya atau ganti kelas, lebih baik kamu terima situasi itu dan fokuskan dirimu hanya kepada mata kuliahnya, bukan kepada si dosen, dan bertahanlah hanya untuk 6 bulan ke depan.

5. Langkah yang paling ekstrim adalah bolos sepanjang perkuliahan dosen tersebut. Ini merupakan langkah nekat sebagai pilihan terakhir. Jika kamu terlambat mengetahui bahwa kelasmu diajar oleh dosen yang tidak menyenangkan dan tidak ada pilihan lain, terpaksa kamu biarkan kelas itu berlalu begitu saja tanpa satu pun absen kehadiran. Akibatnya, kamu akan mendapatkan nilai terburuk dalam transkrip nilaimu.

Itulah kelima cara yang dapat kamu pilih untuk menghadapi dosen yang tidak menyenangkan. Tapi, perlu diingat bahwa setiap cara tersebut ada resiko yang harus kamu tanggung nantinya. Jadi, keputusan tetap ada di tanganmu. (yk)

Comment di sini