Hati-hati! 3 Penyakit Ini Muncul Saat Mudik

by
August 10th, 2012 at 5:01 pm

AP Photo/Tundra Laksamana

Jakarta (CiriCara.com) – Mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu banyak orang. Mudik akan terasa menyenangkan jika Anda sampai dengan selamat dan sehat.

Sayangnya harapan untuk mudik selamat dan sehat nampaknya akan menemui kendala. Pasalnya, ada tiga jenis penyakit yang sering mengintai pemudik saat melakukan perjalanan mudik. Ketiga penyakit itu adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diare, dan infeksi saluran kemih.

Dokter spesialis penyakit dari Rumah Sakit Premiere Bintaro, T. Bahdar Johan mengungkapkan beberapa penyebab tersebarnya ketiga jenis penyakit tersebut. Menurutnya penularan jenis penyakit itu akan sangat cepat saat musim mudik tiba.

1. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Penyakit ISPA kata dr. Johan bisa disebabkan karena virus Influenza. Fasilitas umum seperti alat transportasi (bus, pegangan kereta, pesawat), ATM dan lainnya bisa menjadi media penyebaran virus Influenza dan menyebabkan ISPA. Jadi waspadalah!

2. Penyakit diare

Penyakit diare umumnya disebabkan oleh bakteri E. Coli. Menurut dr. Johan, bakteri E. Coli tersebar di fasilitas umum (toilet, bus, kereta, ATM, dan lainnya). Jika orang sehat menyentuh fasilitas umum yang ada bakteri E. Coli, maka akan terkena diare. Makanya disarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

3. Infeksi saluran kemih

Penyakit ini terjadi karena pemudik sering menunda keinginan untuk buang air kecil. Jika terlalu lama menunda kencing, maka berpotensi terjadinya infeksi pada kandung kemih. Resiko ini sering mengancam kaum wanita. Jadi, jangan sekali-kali menunda keinginan untuk buang air kecil karena bisa berbahaya.

Jika Anda terlanjur terkena diare, maka disarankan untuk minum oralit untuk mengatasi kekurangan cairan. Untuk penderita ISPA disarankan untuk menggunakan masker saat mudik. Jika gejalanya semakin parah, maka pergilah ke pusat kesehatan yang ada di posko-posko peristirahatan.

Semoga tips-tips tersebut bermanfaat. (YG)

Comment di sini