Inilah Cara Agar Kopi Terasa Nikmat

by
August 10th, 2012 at 5:04 pm

CiriCara.com – Orang yang gemar minum kopi, belum tentu mengetahui cara penyeduhan kopi agar terasa lebih nikmat. Mereka tahunya hanya membeli dan menikmati.

Ada dua jenis kopi di seluruh dunia yaitu kopi Arabica dan Robusta. Namun, kedua jenis kopi itu memiliki keunikan tersendiri. Baik dari cara penyimpanannya maupun cara penyeduhannya.

Bagi Anda penikmat kopi yang ingin mengetahuinya, simak cara berikut:

1. Kenali jenis kopinya

Agar rasa kopi lebih enak, sebaiknya jangan sembarangan menikmati minuman ini. Anda perlu mengetahui jenis kopi apa yang Anda minum dan ketahui pula kopi yang seperti apa yang cocok diminum pada pagi hari ataupun siang hari. Bondan Winarno, pakar kuliner dan pemilik kopitiam Oey mengatakan bahwa umumnya kopi-kopi jenis Robusta baik dinikmati pada pagi hari, sebab akan memberikan semangat pada peminumnya. Sedangkan kopi Arabica dapat dinikmati mulai pukul 14.00 WIB hingga malam hari.

2. Simpan kopi dengan benar

Untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa kopi yang nikmat, perlu diperhatikan cara penyimpanannya. Anda jangan menyimpan terlalu lama kopi dalam bentuk bubuk karena penyimpanan kopi tersebut berlaku untuk biji kopi saja. Namun, untuk menyimpan kopi bubuk, ada caranya yaitu keluarkan kopi dari kemasan lalu simpanlah ke dalam toples kaca yang memiliki penutup. Perlu diingat juga bahwa kopi gilingan hanya dapat tahan selama satu minggu, jika lebih kualitas rasa dan aromanya akan berkurang.

3. Seduh kopi dengan benar

Untuk menyeduh kopi, sebaiknya menggunakan air mendidih. Setelah itu, diamkan sejenak hingga ampas kopi turun. Dan Anda baru bisa menikmati kopi tersebut dengan nikmat.

Bagi Anda yang memang benar-benar penggila kopi. Gunakanlah cara ini agar Anda bisa merasakan kenikmatan kopi lebih dalam. Selamat mencoba. (NR)

 

Comment di sini