Inilah Makanan dan Minuman yang Membuat Anda Sakit Kepala

by
August 10th, 2012 at 3:36 pm

CiriCara.com – Makan merupakan hal pokok yang harus dilakukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Dengan makan-makanan yang bernutrisi, kita dapat memberikan stamina pada tubuh kita.

Apabila tubuh kita diberi makanan yang tidak memiliki nutrisi yang cukup, akibatnya kondisi tubuh menurun dan menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit yang sering datang menyerang adalah sakit kepala.

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan Anda sakit kepala. Misalnya terlalu lelah beraktivitas, terlalu memikirkan sesuatu, dan emosi kepada seseorang. Namun, tahukah Anda bahwa makanan dan minuman  juga  dapat menyebabkan sakit kepala? Berikut ini CiriCara.com akan memaparkan berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat memicu sakit kepala:

1. Cokelat

Bagi para penggila cokelat, berhati-hatilah dengan makanan yang satu ini. Makanan manis ini ternyata memiliki kandungan alkaloid-alkaloid seperti fenetilamina, teobromin, dan anandamida. Selain makanan penghilang stres, ternyata cokelat berpengaruh negatif pada otak kita yaitu dapat membuat sakit kepala. Bagi yang maniak cokelat, sebaiknya jangan terlalu banyak memakannya, cukup dengan 2-3 bar saja perhari.

2. Keju

Makanan hasil fragmentasi susu ini memiliki kandungan yang kaya enzim yaitu tiramin yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Tiramin merupakan asam amino yang dapat menyebabkan sakit kepala karena mengurangi kadar serotonin di otak dan mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tiramin secara berelebihan juga dapat membuat Anda sakit kepala. Bila ingin tetap memakannya, konsumsilah dalam jumlah yang kecil dan perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

3. Es

Es terkadang menjadi minuman pilihan di saat musim panas. Dengan minum segelas es teh manis, es krim, dan minuman yang dingin-dingin lainnya, kesegaran tubuh bisa kembali didapatkan. Namun, pernahkan Anda merasakan sakit kepala setelah minum es? Bila iya, hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memicu rasa sakit itu adalah peningkatan aliran darah melalui sebuah pembuluh darah terutama di otak yang disebut serebal anterior. Selain itu, sakit kepala setelah minum es juga disebabkan karena adanya perubahan suhu dalam aliran darah di otak secara mendadak.

4. Kopi

Kopi merupakan zat adiktif ringan yang dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi. Bagi para penikmat kopi, terkadang berhenti minum kopi saja dapat mengakibatkan Anda sakit kepala. Perlu diketahui juga bahwa kandungan kafein yang terdapat pada kopi ketika dicampurkan dengan magnesium akan memicu sakit kepala.

5. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti anggur merah memiliki kandungan tiramin, phytochemical yang disebut fenol. Kandungan ini yang mungkin jadi pemicu timbulnya migrain. Alkohol dapat meningkatkan aliran darah ke otak, selain itu dapat pula menyebabkan dehidrasi. Minuman beralkohol lain yang dapat memicu migrain adalah bir, wiski, dan anggur.

6. Pisang

Buah tropis berwarna kuning ini ternyata memiliki kandungan tiramin yang dapat memperbesar pembuluh darah yang menyebabkan migrain. Selain itu hindarkan memakan serabut lunak yang menempel di kulit pisang, karena itulah yang menyebabkan Anda menjadi pusing.

Semua jenis makanan dan minuman itu sebenarnya memiliki banyak manfaat juga, namun apabila mengosumsi berlebihan akan mengakibatkan penyakit seperti salah satunya sakit kepala. Perlu diingat bahwa sesuatu yang dimakan berlebihan itu tidak baik. (NR)

Comment di sini