Meneteskan Obat Mata Saat Berpuasa, Batal atau Tidak?

by
August 10th, 2012 at 9:01 am

CiriCara.com – Sebagian besar orang mengetahui hal yang membatalkan puasa hanyalah apabila minum dan makan. Pada kenyataannya, ada hal lain yang bisa menjadi pembatal ibadah, seperti emosi kepada seseorang, jima, melakukan hubungan seksual, muntah disengaja, dan memasukan sesuatu ke dalam rongga tubuh.

Rongga tubuh yang dimaksud adalah rongga yang tidak biasa digunakan untuk makan atau minum. Bila sengaja ataupun tidak sengaja melakukan hal tersebut, maka puasa Anda akan batal.

Namun, seseorang bertanya, “Apakah puasa saya batal bila meneteskan obat tetes mata ke mata saya?” Ada pendapat yang mengatakan, puasa akan batal bila Anda merasakan sesuatu masuk di kerongkongan. Namun, jika tidak terasa maka puasa tetap sah.

Di sisi lain, ada ulama yang berpendapat bahwa obat tetes mata tidak membatalkan puasa meskipun terasa di kerongkongan, alasannya karena obat tetes mata bukanlah hal yang membuat seseorang kenyang.

Adapun hal lain yang perlu diketahui saat berpuasa, masuknya air liur yang tertelan dan debu jalanan dapat dimaafkan (ma’fu’anh) dan puasa masih tetap bisa diteruskan.

Tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 286 yang memiliki arti:

“Ya Allah, janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah (karena tidak tahu)”

Maksud ayat tersebut yaitu apabila orang-orang yang menjalankan puasa, dan ia lupa makan sesuatu atau minum sesuatu, maka puasanya boleh tetap dilanjutkan. Selain itu, apabila orang itu tidak tahu-menahu mengenai hal yang belum jelas dalam membatalkan puasa, maka tetap jalankan saja. Diterima atau tidak hanya Anda dan Tuhan yang tahu bila di akhirat.

Selamat berpuasa. (NR)

Comment di sini