CiriCara: Cara Menghadapi Mimpi Buruk yang Terus Berulang

by
August 10th, 2012 at 4:51 pm

CiriCara.com – Ketika tidur pulas di malam hari, Anda pasti sering tidak sadar tentang apa yang terjadi di sekitar atau pada diri Anda sendiri. Namun, ketika terbangun terkadang Anda teringat bahwa semalam telah bermimpi.

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan indra penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur. Semua orang pasti mengalami hal ini ketika sedang tidur, walaupun tidak setiap malam. Namun, mimpi yang diperoleh terkadang mimpi buruk atau mimpi indah.

Bila memperoleh mimpi indah, biasanya ketika terbangun Anda akan tersenyum. Tetapi apabila Anda memperoleh mimpi buruk, biasanya akan tersentak dan terbangun dari tidur.

International Association for the Study of Dreams membuktikan bahwa orang yang mengalami mimpi buruk biasanya pernah mengalami operasi besar, berduka cita karena kehilangan orang yang dicintai, dan menyaksikan kecelakaan dengan mata kepalanya sendiri. Selain itu, mimpi buruk tidak hanya memicu ke dalam hal yang traumatis, stres setiap hari juga dapat mengakibatkan mimpi buruk.

Dalam teorinya, Freud mengatakan bahwa mimpi memiliki penyebab dan untuk memahami penyebabnya dibutuhkan analisis pada mimpi itu. Dikutip dari Ehow.com, cara untuk menganalisis mimpi buruk terbagi menjadi 4:

1. Mencatat mimpi yang terjadi

Mimpi buruk yang pernah Anda alami, ada baiknya dicatat dan tulislah kronologis mimpi buruk itu. Tujuannya agar Anda dapat memahami penyebab dan arti mimpi itu. Tulislah kronologis kejadian mimpi buruk Anda tersebut dan sebutkan orang-orang yang terlibat dalam mimpi itu.

2. Menganalisisnya

Menafsirkan dan menganalisis mimpi buruk yang Anda alami dapat mengidentifikasi masalah. Mimpi buruk itu terjadi karena mungkin sebelumnya Anda mengalami hal-hal yang menakutkan. Mimpi buruk itu perlu dianalisa agar Anda mengetahui penyebabnya sehingga Anda tidak lagi mengalaminya.

3. Tetap rileks

Bila mengalami mimpi buruk, sebaiknya Anda tetap rileks. Anggap mimpi itu hanya sekedar “hiasan tidur” saja. Orang lain beranggapan bahwa semua yang terjadi di mimpi tidak akan menjadi kenyataan. Namun, apabila mimpi buruk itu terus menghantui Anda, segeralah ke psikolog untuk menceritakan mimpi itu. Mungkin Anda akan merasa lebih tenang dengan menceritakan kepada psikolog.

Selain itu agar Anda terhindar dari mimpi buruk, sebaiknya sebelum tidur tenangkan pikiran Anda, jangan membayangkan hal-hal negatif atau berpikir hal yang menyeramkan, dan berdoalah.

4. Ceritakan kepada kerabat dekat

Ada baiknya, ceritakan juga mimpi itu kepada kerabat terdekat, seperti orangtua dan sahabat. Tujuannya adalah agar sedikit menghilangkan trauma akibat mimpi buruk yang dialami. Selain itu, untuk membantu Anda mengartikan mimpi buruk Anda tersebut. Mungkin saja teman atau orangtua Anda dapat memberikan saran atau mengetahui maksud dari mimpi Anda.

Bila setiap malam Anda memperoleh mimpi buruk, mungkin cara di atas perlu Anda coba. Anda tidak ingin kan dihantui terus-menerus mengenai kejadian yang hanya fiktif? Selain itu tetap berdoa sebelum tidur agar memperoleh mimpi indah. (NR)

Ehow

 

Comment di sini