Pendaratan Curiousity di Mars Diragukan Gara-gara Misteri Bercak Hitam

by
August 10th, 2012 at 3:20 pm

CiriCara.com – Setelah Curiosity Rover milik NASA berhasil mendarat, ternyata muncul keraguan yang disebabkan dua foto dataran Planet Merah ini yang berbeda. Kamera Hazcam yang diletakkan pada bagian bawah alat ini mengambil gambar permukaan Mars dan mengirimkannya ke Bumi melalui satelit. Namun, 2 foto permukaan Mars dari sudut pandang yang sama, malah menampilkan hasil yang berbeda.

Beberapa pihak meragukan apakah Curiosity Rover ini benar-benar mendarat di Mars atau tidak. Kabarnya, alat penjelajah yang dikirmkan NASA ini mengirimkan gambar planet Mars dengan titik hitam di sebelah kirinya pada foto yang pertama (seperti di bawah ini):

NASA

Setelah 2 jam kemudian, ketika satelit melewati Curiosity Rover, alat ini mengirimkan kelompok gambar yang lain dan titik hitam itu menghilang. Berikut adalah gambar keduanya.

Reuters

Hal yang menghebohkan adalah bagaimana mungkin foto lokasi yang sama dengan sudut yang sama tapi bayangan hitam misterius yang semula ada, bisa tiba-tiba menghilang? Sedangkan Curiosity Rover adalah alat penjelajah tak berawak terbesar pertama yang didaratkan NASA, dan alat ini juga tidak dikendalikan dari kantor pusat NASA di Bumi.

Dengan kata lain, tidak ada yang mengarahkan alat ini ke mana dia harus mengambil gambar. Tapi mengapa kedua foto tersebut seperti diperbarui, dengan tujuan sengaja untuk menghilangkan bayangan hitam misterius tersebut?

Tapi salah seorang teknisi yang turut bekerja dalam pembuatan Curiosity mengatakan bahwa bisa saja bayangan hitam itu dikarenakan lensa kamera Hazcam-nya kotor. Karena letaknya yang berada di bawah, mungkin saja ketika mengambil foto pertama yang dikirim ke Bumi terdapat kotoran di kamera tersebut.

Keraguan seperti ini juga sudah terjadi sejak pendaratan manusia pertama di bulan, Neil Amstrong dengan kawan-kawannya. Pada masa itu, kebenaran berita pendaratannya diragukan oleh sejumlah pihak karena adanya bayangan lebih dari satu yang terekam oleh video yang meliput Amstrong yang sedang menancapkan bendera Amerika di bulan pertama kali. Sedangkan, sumber cahaya di bulan hanyalah berasal dari matahari, jadi bayangannya pun harusnya hanya ada 1. Selain itu, terlihat ada pantulan seperti cahaya lampu yang terpantul pada penutup kepala baju astronot Neil Amstrong.

Wikipedia

Begitu pula dengan kehebohan foto bentuk wajah di permukaan planet Mars yang diambil oleh Viking 1 pada 25 Juli 1976. Namun, setelah satelit-satelit mengambil gambar yang lebih jelas, ternyata itu hanyalah sebuah batu besar yang berada di permukaan planet. (yk)

Daily Mail

Comment di sini