Wow! Mahasiswa UPI Berhasil Buat Kompor Magnet

by
August 10th, 2012 at 11:24 am

Kompas/Yunanto Wiji Utomo

Bandung (CiriCara.com) – Mahasiswa jurusan Teknik Eletro Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil membuat kompor inovatif yang hemat energi. Kompor ini tidak membutuhkan api untuk memasak, jadi lebih aman dari kompor biasa.

Ganjar Candra Sumindar adalah mahasiswa yang berhasil membuat kompor inovatif tersebut. Ia menamai kompor buatannya itu Komnet alias Kompor Magnet. Ganjar memamerkan hasil karyanya ini dalam acara Technopreneurship Island di RITech Expo, di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, 8-10 Agustus 2012.

Sejatinya, teknologi kompor magnet sudah muncul dan dikembangkan sejak beberapa tahun lalu di beberapa negara. Namun, karena harganya yang relatif cukup mahal dan boros energi, kompor magnet ini kurang populer di Indonesia.

Tapi, Ganjar mengklaim bahwa kompor magnet buatannya ini hemat energi. Selain itu, harga jual kompor magnet buatanya juga diklaim murah. “Dayanya hanya 300 Watt. Harganya kalau sudah diproduksi massal untuk 1 tungku Rp 700 ribu dan yang 2 tungku Rp 1,5 juta,” tuturnya kepada Kompas.

Ganjar menjelaskan bahwa kompornya mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya, tidak menghasilkan api sehingga aman digunakan. Kompor ini hanya akan bereaksi pada perlatan masak yang terbuat dari logam dan bahan magnetik lainnya. Sehingga pegangan alat masak yang dari karet atau kayu tidak akan terasa panas.

Ganjar juga sempat membuktikan teorinya dengan menggunakan kertas yang ditaruh di atas tungku. Ternyata, kertas tersebut tidak terbakar ataupun gosong. Ganjar mengungkapkan bahwa kompornya hanya akan bereaksi pada material yang bersifat magnetik.

Selain itu, kompor magnet ala Ganjar ini juga diklaim bekerja secara otomatis. Karena hanya bereaksi pada material magnetik, kompor akan mati secara otomatis jika tidak ada peralatan masak di atasnya. Jadi, kompor ini lebih aman.

Tidak hanya itu, menurut Ganjar, kompornya mempunyai beberapa tombol untuk mengatur panas kompor sesuai dengan kebutuhan. Jadi dengan Komnet ini, kita bisa membuat hidangan panas dan juga hangat.

Mengenai dasar kerja Komnet, Ganjar mengaku menggunakan kerja induksi elektromagnetik. Listrik dihantarkan ke dalam lilitan kabel di dalam kompor sehingga tercipta induksi elektromagnetik. Karena induksi inilah kompor bisa menghasilkan panas tanpa api.

Ganjar menggunakan bahan logam untuk bagian badan kompor agar kuat. Sementara untuk tungku kompor, ia memilih bahan keramik karena lebih mudah cepat panas.

Bagaimana, tertarik untuk membeli kompor tanpa api ini? (YG)