9 Makanan Sehat Untuk Perempuan Menurut Penelitian

by
August 11th, 2012 at 10:35 am

CiriCara.com – Banyak kaum perempuan yang ingin tubuhnya terlihat sehat, kuat, dan ramping. Berbagai jenis olahragapun sudah dijalankan seperti fitnes, berenang, jogging, dan yoga.

Tidak hanya dengan berolahraga saja tubuh kita akan terlihat seperti itu. Ternyata perlu ada asupan makanan yang cukup. Maka, perlu diketahui berbagai jenis makanan yang sehat untuk para perempuan. Inilah 9 makanan sehat untuk perempuan menurut penelitian:

1. Daging merah “steak”

Kebanyakan orang mengatakan bahwa daging merah memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Kenyataannya, daging merah bagus dikonsumsi untuk tubuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Union of Concerned Scientist yang menunjukkan, daging sapi yang makan rumput biasanya memiliki lebih banyak asam linolenat konjugat dan asam lemak omega 3 yang bagus untuk jantung.

Jonny Bowden. PhD, penulis The 150 Healthiest Food on Earth menambahkan, “Nikmati makanan berdaging dua atau tiga kali sepekan seperti tenderloin.” Keuntungan mengonsumsi daging sapi adalah menambah protein, zat besi di dalam tubuh, dan vitamin B yang baik untung jantung.

2. Kacang

Pistachio adalah jenis kacang yang bentuknya menyerupai kacang almond dengan balutan kulit yang keras. Jenis kacang ini dapat digolongkan menyehatkan bila dikonsumsi. Mengapa? Berdasarkan hasil penelitian University of Toronto menunjukkan bahwa pistachio mengurangi risiko diabetes. Selain itu, pistachio juga memiliki banyak protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal.

Keuntungan yang diperoleh yaitu dengan makan 2 atau 3 ons pistachio sehari, bisa membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, jenis kacang ini juga mengandung vitamin B6 dan tenaga yang membantu meningkatkan energi.

3. Kopi

Berbahagialah bagi para perempuan yang gemar menikmati kopi, karena kopi itu menyehatkan. Pakar dari panel American Society for Nutrition menyimpulkan bahwa minum kopi 3 – 5,8 ons per hari dapat mengurangi risiko diabetes Tipe 2, penyakit kanker, dan usus besar.

Perempuan yang minum kopi minimal enam gelas per hari kemungkinan lebih kecil mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu, antioksidan di kopi melindungi kerusakan sel dan DNA.

4. Gandum

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan makan oatmeal gandum utuh setiap hari. Serat yang berada pada oatmeal membentuk sel yang memperlambat penyerapan kolesterol.

Dave Grotto, RD, ahli gizi di Chicago dan juru bicara American Dietetic Association berkata, “Orang-orang yang makan oatmeal untuk sarapan cenderung kenyang sepanjang pagi dan makan siang lebih sedikit, sebagian karena mengandung protein dan serat.”

5. Udang

Jenis makanan laut ini ternyata dapat mencegah penyakit jantung karena memiliki astaxanthin dan antioksidan. Ellie Krieger, RD, pemandu acara Healthy Appetite with Ellie Krieger berkata, “Udang memiliki 90 persen kalori per 3 ons, tidak memiliki lemak dang mengandung protein.” Selain itu, udang mengandung banyak selenium yang membantu melawan kanker dan mengandung vitamin D yang bagus untuk tulang.

6. Kol mini

Jangan takut dengan bau yang dimiliki kol mini ini. Jenis sayur yang memiliki nama latin Brussels spouts ini dapat dimakan beberapa pekan sekali, tujuannya dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Selain itu, kol mini memiliki banyak serat dan vitamin C dan A yang membantu kekebalan pada tubuh.

7. Cokelat hitam

Bagi para penikmat cokelat, ternyata cokelat memiliki manfaat positif yaitu mencegah penyumbatan arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak penelitian mengatakan bahwa dengan makan cokelat dapat melepaskan serotonin, unsur kimia di otak, dan menyebabkan Anda merasa bahagia.

8. Buah ceri

Makan ceri asam bisa menyehatkan. Fakta ini didapat dari sebuah penelitian oleh University of Michigan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri asam bisa menekan tingkat kolesterol dan gula darah. Selain itu, dengan mengonsumsi ceri dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak di hati.

Bagi orang-orang yang berolahraga dan minum 12 ons jus ceri setiap hari selama delapan hari dapat mengurangi nyeri otot pada tubuh Anda. Namun, belum terbukti apakah buah ceri sangat cocok bagi yang sedang menjalankan diet.

9. Tomat

Warnanya yang merah dan sangat enak bila dijus ini ternyata dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan degenerasi manula. Namun peneliti dari Ohio University menyimpulkan bahwa tomat berwarna oranye lebih berkhasiat dan lebih mudah diserap tubuh daripada tomat berwarna merah. Menurut para ahli, semangkuk tomat oranye mampu memberikan 338 persen vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

Selain jenis makanan di atas, masih banyak jenis makanan lain yang menyehatkan bagi tubuh. Untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan kuat, jagalah pola makan dan atur porsi makan Anda. (NR)

Comment di sini