CiriCara: 9 Cara Sukses Menabung

by
August 13th, 2012 at 4:51 pm

CiriCara.comMenabung bukanlah pekerjaan yang mudah bahkan bagi mereka yang memiliki penghasilan tergolong tinggi. Kegiatan menyisihkan uang yang satu ini bisa dibilang sebagai kegiatan yang terlihat mudah namun sulit untuk dilakukan secara konsisten.

Keberhasilan dalam menabung tidak terletak pada gaji atau penghasilan yang tinggi namun pada kedisiplinan untuk bersedia menyisihkan sebagian uang. Apabila Anda termasuk orang yang memiliki keinginan menabung namun merasa selalu kesulitan, tidak ada salahnya bila Anda mencoba 9 cara di bawah ini:

1. Tentukan tujuan

Pastikan Anda memiliki tujuan saat menyisihkan sebagian uang Anda karena dengan memiliki target atau tujuan tertentu, orang biasanya akan menjadi lebih termotivasi.

2. Lakukan di awal bulan

Menabung harus dilakukan di awal bulan bukan di akhir bulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kehabisan uang saat akan menabung di akhir bulan.

3. Memisahkan akun bank

Gunakan akun terpisah untuk uang yang dijadikan konsumsi dan tabungan. Dengan begini Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengatur dan mengontrol besar tabungan dan pengeluaran Anda tiap bulan.

4. Jangan beralasan

Jangan menjadikan penghasilan kecil sebagai alasan Anda tidak menabung. Berapapun penghasilan Anda, Anda tentu harus menabung. Berapapun jumlah uang yang disisihkan untuk tabungan akan sangat membantu.

5. Atur pengeluaran

Cek kembali pengeluaran Anda setiap bulan. Pastikan jumlah uang yang Anda belanjakan jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah yang Anda dapatkan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari masalah kekurangan uang di akhir bulan.

6. Mencatat pengeluaran

Catat pengeluaran selama satu bulan dan jangan lupa memasukkan daftar pengeluaran yang sudah pasti seperti makan, transportasi dan lain sebagainya. Dengan begini Anda bisa melihat di bagian manakah Anda menghabiskan uang terlalu banyak.

7. Berhenti melihat-lihat

Jalan-jalan tanpa tujuan apalagi ke tempat perbelanjaan akan sangat membahayakan kantung Anda. Bisa-bisa Anda terpancing membeli sesuatu di luar rencana. Lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti berolahraga.

8. Naikkan jumlah tabungan

Apabila Anda mendapat kenaikan gaji atau bonus, sebaiknya sisihkan jumlah yang lebih besar untuk jatah tabungan Anda. Dengan begitu Anda akan terhindar dari sifat boros.

9. Mulai menabung sekarang

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung. Buatlah tabungan Anda sedini mungkin sehingga menabung menjadi hal yang biasa bagi Anda.

Terapkan Sembilan cara di atas agar menabung bisa menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan. Yang harus Anda ingat adalah menabung bukan hanya kegiatan milik mereka yang berpenghasilan tinggi. Seberapapun uang yang Anda sisihkan hari ini akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

(GT)

Comment di sini