CiriCara: Cara Atasi Rasa Cemburu

by
August 13th, 2012 at 3:55 pm

CiriCara.com – Dalam dunia percintaan kecemburuan sudah menjadi hal yang wajar. Namun, kecemburuan yang berlebihan bisa berakibat buruk pada kehidupan asmara kamu. Jadi, cobalah untuk mengatasi rasa cemburu agar tetap wajar.

Banyak yang bilang cemburu adalah tanda cinta. Jika pasangan kamu tidak pernah cemburu, itu artinya ada yang aneh. Tapi, kebanyakan orang akan merasa kesal saat pasangan atau kekasihnya terus-terusan cemburu. Sebelum hal ini terjadi, cobalah untuk atasi rasa cemburu kamu itu.

Berikut cara atasi rasa cemburu:

1. Hilangkan rasa takut

Cemburu sering muncul karena adanya rasa cemas atau takut. Jika kamu merasa takut dia selingkuh, maka kamu akan cemburu. Untuk itu, cobalah untuk menghilangkan rasa takut itu. Caranya adalah yakin dan percayalah kepada pasangan kamu bahwa dia akan setia.

2. Curhat ke teman atau keluarga

Saat kamu mulai merasa cemburu karena ada kecurigaan, maka cobalah untuk bercerita kepada pihak ketiga. Mintalah pendapat mengenai rasa cemburu yang kamu rasakan itu. Mungkin pihak ketiga ini akan membuat kamu bisa lebih tenang.

3. Berhenti berkhayal

Orang yang merasa cemburu biasanya akan memikirkan hal yang tidak-tidak mengenai pasangannya. Jika hal ini dibiarkan maka rasa cemburu akan semakin ganas dan membutakan mata hati kamu. Karenanya berhentilah berkhayal tentang hal negatif pada pasangan.

4. Selalu berpikir positif

Cemburu sering muncul karena kamu selalu menduga-duga sesuatu dengan negatif. Cobalah untuk berpikir postif, saat pasangan telat menjemput, berpikirlah bahwa pasangan sedang terjebak macet. Berpikir positif akan memudahkan kamu dalam mengatur rasa cemburu yang ada.

5. Lakukan evaluasi

Sebelum cemburu buta, cobalah untuk melakukan evaluasi. Pikirkanlah alasan kenapa kamu cemburu. Apakah alasan kamu cukup realistis atau hanya sebatas kekhawatiran saja. Jika belum ada bukti, hilangkanlah semua pemikiran negatif kamu.

6. Coba untuk terbuka

Jika kamu merasa cemburu, maka ungkapkanlah alasan kecemburuan itu kepada pasangan. Dengarkan penjelasan dari pasangan kamu. Jika tidak terbukti, maka kamu tidak perlu cemburu lagi. Utamakan komunikasi daripada perasaan.

7. Melakukan hal lain

Cemburu akan semakin ‘ganas’ jika kamu terus memikirkannya. Cobalah untuk melakukan hal lain agar kamu bisa lupa dengan rasa cemburu itu. Karena tuduhan tanpa ada bukti itu bukanlah hal yang baik.

8. Melakukan penyelidikan

Jika kamu masih cemburu, cobalah untuk melakukan penyelidikan. Kamu bisa secara diam-diam mengikuti kegiatan pasangan selama satu hari. Cari tahu, apakah dia selingkuh atau tidak. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menduga-duga atau curiga lagi.

Rasa cemburu sering muncul karena tidak ada rasa kepercayaan dengan pasangan, itulah sebabnya kamu sering curiga padanya. Agar tidak semakin parah, cobalah untuk belajar mencintai, yakin, dan percaya pada pasangan. Jangan hiraukan gosip yang beredar selama itu belum ada buktinya. (YG)

Comment di sini