CiriCara: Cara Memilih Pembantu Rumah Tangga

by
August 13th, 2012 at 4:11 pm

Detik

CiriCara.com – Saat menjelang Lebaran mereka yang memiliki pembantu rumah tangga biasanya akan merasa kesulitan. Musim mudik berarti pembantu rumah tangga Anda pun juga akan pulang ke rumah masing-masing. Ini berarti mengurus semua sendiri.

Mereka yang memiliki rencana liburan atau bepergian, tak memiliki masalah namun mereka yang menjadi tempat untuk bersilaturahmi dan tidak berencana untuk liburan bisa kewalahan. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila Anda menyewa pembantu infal atau sementara.

Agen penyalur rumah tangga bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mencari PRT infal. Namun Anda juga harus tetap memperhatikan hal-hal tertentu seperti:

1. Keahlian yang tepat

Apa keahlian yang Anda butuhkan? PRT, babysitter atau suster memiliki keahlian mereka masing-masing. Jangan lupa menentukan tugas mereka di rumah Anda dan lama waktu mereka bekerja untuk Anda. Dengan begini Anda akan memiliki estimasi pengeluaran yang tepat.

2. Agen penyalur yang terpercaya

Cari agen penyalur pembantu yang memang memiliki reputasi baik. Anda bisa bertanya pada teman dan saudara bahkan tetangga agar mendapat agen yang terpercaya. Perhatikan juga semua persyaratan yang mereka ajukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memilih agen yang tepat membantu menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan sebagainya.

3. Memilih sendiri kandidat

Anda bisa mendatangi agen penyalur secara langsung dan juga memilih pekerja mana yang akan Anda pekerjakan. Teliti pengalaman mereka dan gaji yang diinginkan. Anda juga bisa menawar hingga menemukan harga yang sesuai dengan budget Anda.

4. Latar belakang pekerja

Saat mempekerjakan pembantu infal atau sementara, Anda bisa langsung mewawancara dan menanyakan mengenai apa saja keahlian mereka. Pastikan ia bisa bekerja di lingkungan yang sama dengan Anda. Dengan menemukan latar belakang dan pengalaman bekerja seseorang, Anda bisa menentukan apakah Anda memerlukan keahlian mereka atau tidak.

Itulah empat cara menemukan pembantu rumah tangga sementara untuk lebaran. Pastikan Anda memilih yang terbaik dan mampu membantu mengurus keperluan Anda.

(GT)

Comment di sini