CiriCara: Ciri-ciri Penyakit Gagal Ginjal

by
August 13th, 2012 at 1:19 pm

CiriCara.com – Apa itu penyakit ginjal? Sebelumnya, Anda perlu mengetahui dahulu fungsi ginjal. Ginjal merupakan salah satu alat pengeluaran (ekskresi) manusia. Ginjal bekerja dengan cara membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia. Selain itu, secara sistematis ginjal juga membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.

Bila ginjal tidak berfungsi seperti itu, ginjal dapat dikatakan mengalami kegagalan. Sisa metabolisme yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Penyakit ginjal cukup membahayakan bagi kesehatan. Menurut para dokter, penyakit gagal ginjal terbagi menjadi dua yaitu gagal ginjal akut yang disebabkan oleh penyumbatan total saluran ginjal karena batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera, dan kekurangan darah pada orang luka atau seusai menjalankan operasi.

Yang kedua, gagal ginjal kronik, disebabkan oleh ginjal akut yang tidak disembuhkan dengan baik akan menimbulkan gejala ginjal kronik dan harus menjalani pengobatan seumur hidup.

Simak ciri-ciri penyakit gagal ginjal berikut ini:

1. Kencing berkurang dari biasanya

2. Merasa lemas, letih, dan lesu

3. Sering mual-mual dan muntah

4. Beberapa bagian tubuh bengkak

5. Gatal-gatal

6. Sesak nafas

7. Tidak nafsu makan

8. Hasil pemeriksaan lab: Creatinine darah naik, Hb turun

9. Hasil urine: Ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine

Perlu diketahui pula bahwa penyakit ginjal meningkat dua kali lipat tiap tahunnya. Tujuhpuluh persen penyakit gagal ginjal disebabkan akibat Diabetes Melitus (DM) dan setelah itu akibat penyakit hipertensi. Untuk menghindari gejala penyakit gagal ginjal, sebaiknya lakukanlah pencegahan dengan minum 8 liter air putih dalam sehari, jangan mengonsumsi terlalu sering minuman bersoda dan tetap berolahraga.

Ada baiknya juga untuk melakukan pengecekan seluruh organ tubuh  di rumah sakit. Gunanya untuk mengetahui penyakit sejak dini sehingga dapat diatasi sebelum semakin parah. (NR)

Comment di sini