5 Kandungan Timun Suri yang Bermanfaat Bagi Tubuh

by
August 13th, 2012 at 4:35 pm

CiriCara.comCurcumis Lativus biasa dikenal masyarakat dengan nama timun suri. Jenis buah yang satu ini paling dicari ketika memasuki bulan Ramadan. Buah yang berbentuk lonjong ini dijadikan sebagai minuman pembuka puasa dengan dicampurkan sirup atau air gula saja.

Warnanya yang kuning menggoda membuat selalu ingin memakan buah yang satu ini. Buah ini memiliki tekstur yang mudah rusak ketika matang, beraroma harum, dan memiliki daging buah bercitarasa manis. Namun, tahukah Anda bahwa timun suri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Berikut kandungan  yang dimiliki timun suri:

1. Mengandung glukosa dan fluktosa

Kedua kandungan yang dimiliki timun suri itu adalah kandungan yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat. Dengan mengonsumsi timun suri, Anda akan mendapatkan tambahan energi.

2. Mengandung vitamin A

Ternyata timun suri juga memiliki kandungan vitamin A, manfaatnya pada tubuh yaitu baik bagi kesehatan mata. Selain itu, timun suri juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mencegah penuaan dini.

3. Mengandung senyawa saponin

Senyawa saponin yang dimiliki timun suri dapat mencegah sakit kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh kita.

4. Mengandung vitamin C

Vitamin C ini sangat penting bagi tubuh kita, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki sel tubuh, dan jaringan kulit yang rusak. Kandungan vitamin C yang dimiliki timun suri sangat tinggi.

5. Mengandung asam linoleat

Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

Selain timun suri, terdapat juga buah-buah khas Ramadan lain yang memiliki kandungan bermanfaat bagi tubuh. Perbanyaklah makan buah-buahan karena dapat memperlancar peredaran darah dan menjadikan tubuh Anda sehat. (NR)

Comment di sini