Inilah Kejadian Misterius pada Upacara Penutupan Olimpiade London 2012

by
August 13th, 2012 at 10:59 am

London (CiriCara.com) – Pada Minggu (12/8/12), Olimpiade London 2012 telah resmi ditutup dengan upacara penutupan yang berlangsung sangat meriah dan spektakuler.

Upacara penutupan ini diramaikan oleh berbagai penyanyi papan atas asal Inggris, salah satunya adalah girlband Inggris yang sudah bubar sekian lama, yaitu Spice Girl. Bahkan, boyband, One Direction juga ikut menyumbangkan lagu dalam acara tersebut.

Selain itu, para wakil pemerintahan Inggris, dan anggota keluarga kerajaan Inggris juga turut hadir menyaksikan acara penutupan Olimpiade 2012 tersebut. Para atlet seluruh dunia yang sudah berlomba selama 16 hari di London juga terlihat menikmati Upacara Penutupan Olimpiade musim panas tahun ini.

Pada upacara penutupan ini juga dilakukan penyerahan bendera Olimpiade kepada kota Rio de Janeiro, Brazil. Hal ini dilakukan oleh walikota London (Boris Johnson), Presiden Komite Olimpiade (Jacques Rogge), dan walikota Rio de Janeiro (Eduardo Paes). Tuan rumah Olimpiade 2016 nanti adalah Rio de Janeiro, Brazil.

Meskipun, upacara penutupan ini berlangsung sangat meriah, ada beberapa misteri di balik perayaan tersebut. Bagi Anda yang menyaksikan upacara penutupan ini dan merasa bingung, di bawah ini ada beberapa penjelasan yang mengungkap misteri pada Upacara Penutupan Olimpiade 2012 dini hari tadi.

Pangeran Henry atau Pangeran Harry?

Mungkin sebagian besar orang bertanya-tanya, ketika Pangeran Harry memasuki arena tempat diselenggarakannya upara tersebut, seorang MC menyebutkan nama adik pangeran William ini dengan sebutan Pangeran Henry.

Apakah ini merupakan kesalahan fatal yang dilakukan MC tersebut karena dia salah menyebutkan nama Pangeran tampan itu? Tentu tidak. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi warga Inggris karena mereka tahu bahwa nama resmi Pangeran Harry adalah Henry Charles Albert David. Semua orang memanggilnya dengan sebutan Pangeran Harry untuk membuat namanya lebih singkat dan mudah disebutkan.

Siapakah pemeran Batman dan Robin pada acara tersebut?

Bagian awal pembukaan upacara ini dimulai oleh suara Michael Caine yang menggema di seluruh stadion. Michael menghitung dari lima hingga satu, lalu tiba-tiba saja mobil kecil yang diparkir di tengah-tengah stadion itu meledak. Para penonton terkejut dan kembali terpanah ketika melihat sesosok Batman gemuk dan Robin kurus muncul di stadion tersebut. Para penonton sontak tertawa melihat aksi kocak aktor Jason david dan Nicholas Lyndhurst. Kedua aktor inilah yang memerankan Batman dan Robin itu.

Mengapa para atlet tidak berjalan di belakang bendera negaranya masing-masing?

Dulu ritual seperti ini sudah dilakukan. Namun, pada 1956 pihak penyelenggara Pertandingan Melbourne merasa khawatir akan terjadinya perkelahian antar atlet jika mereka berjalan di belakang bendera negaranya masing-masing. Pasalnya, tahun itu adalah tahun puncaknya Perang Dingin yang berlangsung antara Amerika Serikat dan Rusia.

Oleh sebab itu, seorang tukang kayu asal China, John Ian Wing, memberikan saran supaya semua atlet berjalan membaur tanpa adanya penggolongan berdasarkan negara asal. Ternyata hal ini berhasil. Itulah sebabnya, cara itu masih dipraktikkan hingga sekarang.

Siapakah penari mengagumkan pada akhir dari upacara penutupan tersebut?

Itu adalah Renato Sorrios dari Rio de Janeiro, Brazil. Sebenarnya dia adalah seorang penyapu jalanan di ibukota Brazil tersebut. Namun, pada Karnaval Rio, dia menampilkan kebolehannya dalam menari, sehingga dia menjadi terkenal. Oleh karena itu, dia dipanggil untuk mengisi acara penutupan Olimpiade London tersebut. Renato Sorriso akan semakin terkenal setelah penampilan tarinya yang luar biasa pada acara tersebut.

Siapakah yang memerankan Winston Churchill?

Dia adalah Timothy Spall. Aktor kelahiran Inggris yang sudah sangat terkenal lewat perannya dalam film Harry Potter, Enchanted, The King’s Speech, dsb. Spall diceritakan tiba-tiba muncul di atas miniatur Menara Big Ben, dan mengejutkan para penonton yang hadir.

Mengapa para atlet marathon dipanggil pada pertengahan acara?

Ini adalah sebuah tradisi yang selalu dilakukan setiap 4 tahun sekali. Acara penutupan Olimpiade musim panas juga merupakan acara penganugerahaan medali untuk pemenang juara Marathon pria. Pada pertengahan upacara penutupan itu, lagu kebangsaan dari pemenang lomba Marathon pria, dikumandangkan.

Itulah beberapa misteri yang terjadi pada Upacara penutupan Olimpiade 2012. Bagi Anda yang belum sempat menyaksikan kemeriahan acara ini, Anda dapat menyaksikan re-run acara ini di saluran TV Nasional, TVRI pada malam nanti, pukul 21.00 WIB. (yk)

Yahoo Sports

Comment di sini