Situs Indowebster, Detikcom, Kapanlagi Down Akibat Kebakaran UPS

by
August 13th, 2012 at 8:58 am

Jakarta (CiriCara.com) - Sejumlah situs internet di Indonesia tak bisa diakses sejak Minggu (12/8) malam sekitar pukul 22.40 akibat perangkat UPS (Uninterruptible Power Supply) yang berhubungan dengan server situs-situs tersebut terbakar.

UPS di  data center IDC Duren Tiga Jakarta yang terbakar memaksa pihak terkait untuk mematikan server-server yang menaungi beberapa situs antara lain Indowebster, Kapanlagi, Vemale, Detikcom, Blogdetik, dan Mytrans karena alasan keamanan akibat banyaknya asap.

Selain situs tersebut, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan bahwa laman kemdikbud.go.id turut terkena imbas terbakarnya UPS itu. Namun, semua data yang tersimpan dilaporkan aman.

Matinya server tersebut membuat situs-situs terkait tak mendapatkan pengunjung terhitung sejak Minggu malam. Jumlah pasti kerugian akibat bencana ini belum bisa dipastikan.

Johar Alam Rangkuti selaku Chairman Internet Data Center Indonesia mengatakan lewat akun Twitter-nya bahwa listrik di data center sudah mulai dinyalakan.

“AC lantai 2 IDC 3D sudah menyala. Tahap berikutnya secara bertahap coba menyalakan data center,” cuit Johar Alam.

Berikut ini adalah cuit Johar Alam dari Minggu (12/8) malam hingga Senin (13/8) pagi:

(hp)

Comment di sini