4 Berkah Ramadan Selain THR

by
August 14th, 2012 at 9:51 am

CiriCara.com – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan pahala. Selain berkah mendapatkan tunjangan hari raya (THR), Ramadan juga memberikan berkah-berkah lainnya. Mungkin Anda sudah menjadi salah satu orang yang mendapatkannya.

Ramadan memang dikenal sebagai bulan penuh berkah. Segala amal ibadah akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Itulah sebabnya banyak orang yang giat beribadah saat Ramadan tiba. Tapi, tahukah Anda empat berkah Ramadan selain THR dan limpahan pahala?

Berikut empat berkah Ramadan yang perlu Anda ketahui:

1. Berkah puasa

Banyak peneliti mengungkapkan bahwa ibadah puasa yang dijalankan muslim saat Ramadan bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Dengan berpuasa, sistem pencernaan tubuh yang biasanya bekerja berat dapat sedikit beristirahat. Hal ini dapat memberikan ruang pada tubuh untuk membersihkan diri dari racun-racun yang terakumulasi selama ini. Proses ini bisa mempercepat perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Selain itu, puasa yang dilakukan dengan cara yang benar juga bisa mengendalikan berat badan dan membuat tetap awet muda. Namun, untuk mendapatkannya Anda harus memperhatikan gizi saat sahur dan berbuka.

2. Berkah silaturahmi

Momen Ramadan sering dimanfaatkan untuk menjalin kembali silaturahmi yang putus. Acara buka puasa bersama juga merupakan bentuk silaturahmi saat Ramadan. Ternyata, silaturahmi juga bisa membawa efek kesehatan untuk tubuh.

Silaturahmi akan membuat hubungan baik dan hangat dengan keluarga atau teman. Orang yang punya keluarga dan teman yang baik jauh lebih sehat dari mereka yang tidak. Punya keluarga penyayang dan teman yang baik akan membantu menghindarkan Anda dari stres yang bisa memicu stroke dan jantungan. Silaturahmi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Berkah menahan amarah

Saat berpuasa, kita diminta untuk menahan amarah dan nafsu. Ternyata, menahan amarah memiliki manfaat untuk kecantikan. Kebiasaan marah dengan hal-hal kecil bisa mengakibatkan kulit menjadi tegang, dan setelahnya akan menjadi keriput. Tapi jika Anda bisa menahan amarah, kulit akan tetap kencang.

Selain untuk kesehatan kulit, menahan amarah juga bermanfaat untuk psikologis. Menahan amarah akan membantu Anda lebih tenang dan terhindar dari stres. Berbeda saat Anda marah, emosi akan naik dan ini akan meningkatkan beban pada otak sehingga Anda akan terkena stres.

4. Berkah memaafkan

Saat hari raya Idul Fitri tiba, umat muslim akan saling meminta maaf dan memaafkan. Berkah memaafkan akan terasa jika dilakukan dengan tulus, bukan hanya diucapkan saja. Jika Anda bisa memaafkan dengan tulus, melepaskan semua dendam dan bersikap positif, banyak manfaat yang bisa didapat.

Memaafkan dengan tulus akan membuat hati lebih tenang, beban dan tekanan pada jantung pun berkurang. Tapi, jika kita selalu mengingat dendam dan marah, tekanan darah, detak jantung, dan beban jantung akan meningkat. Jadi, saat Lebaran nanti maafkanlah semua orang yang pernah melakukan kesalahan kepada Anda. Ini akan membuat hidup Anda lebih sehat.

Itulah berkah luar biasa yang didapatkan dari bulan Ramadan. Selain bisa menambah nilai ibadah, ternyata Ramadan juga memberikan nilai kesehatan. Karenanya, jalanilah ibadah di bulan Ramadan dengan tulus dan ikhlas agar Anda mendapatkan berkahnya. (YG)

Comment di sini