7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Ketika Anak Tersedak

by
August 14th, 2012 at 2:12 pm

CiriCara.com – Anak-anak usia di bawah empat tahun paling senang bermain dengan melakukan hal-hal yang menurutnya asyik, seperti salah satunya memegang benda asing. Bila sudah bermain seperti itu, anak akan mendapat kepuasan tersendiri.

Namun, dengan memegang benda asing seperti koin dan permen ternyata dapat membahayakan anak itu yaitu sang anak dapat tersedak jika ia memasukkan benda-benda itu ke dalam mulut.

Selain itu ada beberapa penyebab yang membuat anak sering tersedak, yaitu bayi tak disendawakan, salah posisi saat menyusui atau memberi makan bayi, tersedak air liurnya sendiri ketika tidur dan karena faktor kelainan bawaan. Berbagai penyebab tersebut bisa dihindari apabila sang ibu berhati-hati ketika menjaga dan merawat anaknya.

Namun, bila hal ini sudah terjadi, pertolongan yang harus dilakukan ketika anak tersedak yaitu:

1. Posisikan bayi tengkurap di lengan Anda, dengan posisi kepala bayi lebih rendah dari dadanya.

2. Sangga kepala bayi dengan telapak tangan. Jangan menutupi bayi atau menekan lehernya.

3. Gunakan tumit dari salah satu tangan Anda untuk menepuk punggung bayi tepat diantara tulang belikat bayi. Lakukanlah sebanyak 5 kali tepukan.

4. Jika benda yang membuatnya tersedak tidak keluar, sangga kepala bayi dan ubah posisinya menjadi telentang di atas paha Anda.

5. Berikan 5 kali tekanan dengan cepat pada tulang dada di bawah puting bayi dengan menggunakan 2 – 3 jari Anda.

6. Terus berikan 5 tepukan dan 5 tekanan pada dada hingga benda tersebut keluar dari mulutnya.

7. Jika bayi pingsan, segera bawa ke rumah sakit terdekat.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengemukakan hasil penelitiannya bahwa penyebab utama kecelakaan dan kematian di kalangan anak-anak karena tersedak akibat makanan, koin, atau minuman. Insiden ini biasanya terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 4 tahun.

Selain itu, dilaporkan pula oleh situs WebMD, di Amerika Serikat, setiap lima hari setidaknya ada satu anak yang meninggal akibat tersedak. Walaupun belum ada laporan di Indonesia mengenai hal ini, namun perlu diperhatikan bagi para ibu yang masih memiliki anak di bawah umur 4 tahun agar selelu menjaga anaknya dalam kondisi apapun. (NR)

Comment di sini