Binus Akan Cabut Ijazah Alumnus Jika Korupsi

by
August 14th, 2012 at 3:52 pm

Wikipedia

Jakarta (CiriCara.com) – Banyaknya koruptor yang merupakan alumnus perguruan tinggi membuat Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta mengeluarkan kebijakan baru. Binus berkomitmen untuk mencabut ijazah alumnusnya jika terbukti melakukan korupsi.

Menurut Rektor Binus Prof Harjanto Probowo, kasus korupsi yang marak terjadi di Indonesia bisa mempengaruhi pola pikir mahasiswanya. Dan dikahawatirkan hal itu akan memunculkan dampak yang negatif. Itulah sebabnya pihaknya mengeluarkan kebijakan tegas kepada setiap mahasiswanya.

Prof Harjanto mengakui bahwa mengajarkan mahasiswa untuk hidup baik tidaklah mudah. Tapi, bahaya yang sebenarnya adalah saat mahasiswa itu sudah lulus dan berada di luar universitas. “Apalagi setelah mereka keluar dari lingkungan universitas, ada kesempatan besar untuk korupsi di luar sana,” katanya.

Itulah sebabnya Binus berkomitmen untuk mencabut ijazah alumnus yang terbukti terlibat dalam kasus korupsi. Langkah ini dianggap tepat sebagai pembatas alumnus dalam bertindak setelah keluar dari universitas. “Binus ingin menekankan kepada alumni bahwa sekali korupsi, mereka akan dikeluarkan dari komunitas kami,” kata Harjanto.

Meskipun demikian, Harjanto ataupun pihaknya tidak akan membuat surat perjanjian, kontrak atau semacamnya. Ia lebih menitik beratkan pada sisi moral dan kejujuran alumnusnya melalui janji alumnus pada acara wisuda mahasiswa Binus.

Harjanto menuturkan janji alumnus untuk tidak melakukan pelanggaran hukum sudah diterapkan pada forum wisuda ke-44 Universitas Bina Nusantara (Binus). “Saya menekankan bahwa janji alumni merupakan penekanan moral untuk terus menjaga nama baik Binus,” katanya.

Selain mencabut ijazah, Harjanto menuturkan bahwa universitas juga akan melakukan peninjauan ulang semua dokumen yang telah dikeluarkan jika terbukti alumni itu korupsi. Hal ini bisa saja membuat gelar sarjana alumnus dicabut atau dibatalkan.

“Sikap kami tegas, mereka bukan lagi anggota komunitas alumni Binus,” tegas Harjanto saat konferensi pers dalam acara buka puasa bersama di salah satu restoran di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

(YG)

Comment di sini