CiriCara: Cara Keramas Agar Rambut Tidak Rontok

by
August 14th, 2012 at 4:27 pm

CiriCara.com - Membersihkan rambut atau keramas memang wajib dilakukan bagi wanita maupun pria, namun tetap saja permasalahan pada rambut itu bisa muncul. Khususnya bagi wanita, apabila rambut sedikit bercabang, rontok, dan kulit kepala gatal-gatal tentunya ia akan panik.

Bagi wanita, rambut adalah mahkota. Bila rambut bermasalah, walaupun sudah sering melakukan perawatan, terkadang masih saja rontok. Untuk mengatasi rambut rontok itu, ada satu teknik yang dapat mencegah kerontokan terjadi, yaitu dengan cara keramas yang benar. Mau tahu bagaimana cara keramas yang benar untuk menghindari rambut rontok? Simak tips berikut:

1. Sisir rambut sebelum keramas

Sebelum mandi, sebaiknya sisir dahulu rambut Anda. Rambut yang disisir sebelum keramas akan merapikan rambut setelah keramas dan menghindari kerontokan rambut.

2. Gunakan sampo sesuai jenis kulit rambut

Seperti halnya kulit, rambut juga memiliki jenis kulit yaitu normal, berminyak, dan kering. Ketika Anda tidak memperhatikan sampo yang dipakai untuk keramas, permasalahan rambut akan muncul. Misalnya, rambut Anda berminyak lalu Anda memakai sampo untuk jenis rambut kering. Akibatnya, rambut Anda akan semakin berminyak.

Selain itu, jangan tergiur dengan macam-macam merek sampo yang ditawarkan di berbagai media. Tetap gunakan sampo sesuai jenis kulit kepala Anda bila tidak ingin rambut bermasalah apalagi sampai rontok.

3. Mengeramasi rambut dengan benar

Pada dasarnya, sampo terbuat dari bahan kimia. Jadi, secukupnya saja memakai sampo karena apabila berlebihan akan ada banyak bahan kimia yang menempel di kulit kepala Anda. Pakailah sampo untuk mencuci kulit kepala hingga akar rambut. Gosok busa sampo sampai di kulit kepala saja, biarkan turun sendiri ke ujung rambut.

Setelah mengeramasi rambut dengan sampo, pakailah kondisioner sesuai jenis kulit rambut Anda. Tujuan penggunaan kondisioner adalah untuk menghaluskan rambut. Dan ingat, kondisioner hanya bisa dipakai di rambut, bukan di kulit kepala.

4. Keringkan secara alami

Jangan terlalu sering mengeringkan rambut Anda dengan alat pengering rambut karena rambut malah bisa lebih cepat rusak. Sebaiknya, biarkan saja rambut kering dengan sendirinya. Perlu diingat juga bahwa jangan menyisir rambut dalam keadaan basah karena dapat membuat rambut Anda rontok.

Itulah tips bagaimana mencegah rambut Anda agar tidak rontok. Selain tips di atas, agar rambut tetap sehat dan terlihat indah, sebaiknya pakailah vitamin rambut pada saat rambut setengah kering. Tetap cintai rambut indah Anda. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini